Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Gorontalo Bersama MFG Berhasil Menyelenggarakan Pameran dan Lelang Foto Pertama di Indonesia
N/a
Kamis, 05 Juli 2012 pukul 16:12:29   |   849 kali

Gorontalo - Untuk pertama kalinya di Indonesia, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Gorontalo bekerja sama dengan salah satu komunitas fotografi di Provinsi Gorontalo, yaitu Masyarakat Fotografi Gorontalo (MFG), telah berhasil melaksanakan kegiatan pameran dan lelang foto dengan tema lingkungan.

Momentum peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2012 merupakan latar belakang pelaksanaan kegiatan tersebut. Adapun rangkaian kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang digagas MFG adalah pameran foto dengan tema lingkungan hasil bidikan dari para fotografer MFG yang dipamerkan di front office KPKNL Gorontalo pada tanggal 28 Mei - 4 Juni 2012 dan berakhir dengan pelaksanaan lelang pada tanggal 5 Juni 2012.

Kepala KPKNL Gorontalo Wahyu Purnomo menyampaikan bahwa dia sangat menyambut baik kegiatan tersebut. Selain untuk menumbuhkembangkan rasa kepedulian terhadap lingkungan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menyadarkan bahwa kita sebagai manusia memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang besar untuk turut serta menjaga kelestarian alam.

       

Pada kesempatan yang sama, Ketua MFG Rosyid A. Azhar turut menyampaikan rasa terima kasih kepada KPKNL Gorontalo yang telah memberikan tempat dan berperan aktif dalam pelaksanaan pameran dan lelang tersebut. Sebagai tambahan, Rosyid menyampaikan rasa bangganya bahwa MFG sebagai komunitas fotografi telah turut serta mengukir sejarah dengan melaksanakan lelang foto bersama dengan KPKNL Gorontalo.

       

Namun demikian, antusiasme masyarakat terhadap seni fotografi dan pameran tersebut terlihat masih minim karena kegiatan ini masih tergolong baru, khususnya di wilayah kota Gorontalo. Hal tersebut terlihat dengan sedikitnya penonton dan jumlah masyarakat yang menjadi peserta lelang foto. Perlu kita ketahui bahwa sebelum melaksanakan pameran dan lelang, MFG sudah mengadakan kegiatan serupa berupa roadshow Hari Bumi di beberapa kantor instansi setempat di kota Gorontalo. Berbekal roadshow dan pameran foto lingkungan tersebut, MFG berharap masyarakat setempat akan lebih antusias untuk mengenal dan mencintai lingkungan sekitar yang pada giliranya akan mendorong minat untuk memiliki foto-foto tersebut melalui lelang.

       

Dari empat puluh lima foto yang diikutsertakan dalam lelang, KPKNL Gorontalo berhasil menjual sebanyak 6 foto beserta frame atau rangka fotonya yang berukuran 16R.

            

Terhadap hasil kegiatan tersebut, KPKNL Gorontalo dan MFG serta masukan dari berbagai pihak, telah melakukan evaluasi bersama. Hasilnya ke depan MFG diharapkan melakukan promosi yang lebih intensif lagi. Selain itu, lelang akan dilaksanakan di luar hari kerja. Alasan utama lelang foto dilaksanakan di luar hari kerja adalah ada beberapa peminat yang sebelumnya berencana menjadi peserta lelang  menjadi batal karena terkendala dengan aktifitas pekerjaan masing-masing.

Sebagai harapan bersama, semoga kerja sama yang telah dibina dengan baik antara KPKNL Gorontalo dan MFG nantinya mampu menorehkan tinta emas dalam sejarah perjalanan institusi tercinta kita yaitu Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. (KPKNL Gorontalo)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini