Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kanwil XII DJKN Banjarmasin Laksanakan Rapat Kerja Tim Asistensi Daerah ABMA/C
N/a
Kamis, 09 Agustus 2012 pukul 09:35:40   |   669 kali

Banjarmasin - Kepala Kantor Wilayah XII Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil XII DJKN) Banjarmasin Hady Purnomo membuka rapat kerja Tim Asistensi Daerah (TAD) Aset Bekas Milik Asing/Cina (ABMA/C) di Hotel Nasa Banjarmasin Kamis (21/06), mengawali sambutannya Hady Purnomo memperkenalkan pejabat baru di lingkungan kanwil XII DJKN Banjarmasin yang menjadi Anggota TAD wilayah Kalimantan Selatan serta diikuti perkenalan anggota TAD dari Instansi terkait lainnya. Dalam paparannya Kakanwil selaku Ketua TAD menyampaikan bahwa ABMA/C pada wilayah kerja Kanwil XII DJKN Banjarmasin berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188/PMK.06/2008 tentang Penyelesaian ABMA/C terdiri dari 13 (tiga belas) aset, kemudian dalam perjalanannya ditemukan aset baru berupa guest house yang berlokasi di Jl. Jendral Sudirman Banjarmasin, temuan ini didasarkan pada surat Komandan Korem 102/ Antasari Nomor: B/1512/XII/2010, tanggal 13 Desember 2010.

Dari 11 (sebelas) ABMA/C yang diajukan TAD ABMA/C telah diselesaikan 5 (lima) aset yaitu aset Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Pepabri), Jl. Brigjen Katamso Banjarmasin dengan Surat Keputusan Nomor 89/KM.06/2011 keputusan penetapan dimantapkan status hukumnya menjadi Barang Milik Negara (BMN), Kantor Administrasi Personel (Minpers), Jl. Kapten Piere Tendean Banjarmasin dengan Surat Keputusan Nomor 90/KM.06/2011 keputusan penetapan dimantapkan status hukumnya menjadi BMN, Markas Komando Rayon Militer (Makoramil), Jl. KS Tubun Banjarmasin dengan Surat Keputusan Nomor 91/KM.06/2011 keputusan penetapan dimantapkan status hukumnya menjadi BMN, SMA/SMEA Kotabaru, Jl. Suryagandamana Kotabaru dengan Surat Keputusan Nomor 191/KM.06/2011 keputusan penetapan dimantapkan status hukumnya menjadi Barang Milik Daerah (BMD), Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) VI Banjarmasin, Jalan Piere Tendean dengan Surat Keputusan Nomor 51/KM.6/2012 keputusan penetapan dimantapkan status hukumnya menjadi BMD.

Sedangkan 6 (enam) aset masih dalam proses penyelesaian yaitu untuk Golkar Tk. I masih menunggu hasil penilaian dari Tim Penilai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banjarmasin. Untuk aset Kantor Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dan Dinas Pasar Banjarmasin, Hukum Daerah Militer (Kumdam) VI/Tanjungpura, Kumdam Tanjungpura masih menunggu surat Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin untuk meminta surat pernyataan dari Badan Pertanahan (BPN) setempat bahwa Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) yang habis masa berlakunya dan tidak diperpanjang lagi, surat keterangan adanya perbedaan luas tanah dan surat keterangan pendaftaran tanah. Sedangkan aset guest house karena merupakan aset baru maka akan diajukan kembali sesuai prosedur temuan baru sebagaimana diatur dalam PMK Nomor 188/PMK.06/2008 jo. Nomor 154/PKM.06/2011. Sementara untuk aset Sekolah Menengah Atas (SMA) Pagatan yang terletak di Kecamatan Kusan Hilir Kab. Tanah Bumbu telah diusulkan tetapi berdasarkan informasi dari Kantor Pusat berkas tidak ditemukan, sehingga akan diusulkan kembali.

Pada Rapat kerja ini selain dilakukan pemaparan terhadap penyelesaian ABMA/C yang sudah dilakukan sampai dengan semester II Tahun 2011, juga difokuskan pada strategi percepatan penyelesaian ABMA/C di Tahun 2012. TAD sendiri untuk tahun 2012 akan melakukan proses penyelesaian terhadap tiga aset, yakni Gedung Golkar Tk. II Banjarmasin, Gawi Manuntung dan Media Masyarakat serta SD Rajawali Banjarmasin.

Dalam keputusan rapat tersebut, Tim TAD juga menyepakati untuk membentuk tim kecil untuk mempercepat penanganan aset secara kasus per kasus antara lain dengan mengundang pihak yang menguasai aset tersebut untuk memberikan keterangan/klarifikasi dan melakukan survei lapangan yang akan dilakukan oleh tim kecil yang sesuai dengan tugas dan fungsi pada instansi asal yang terkait. Hasil dari pelaksanaan tugas tim kecil ini selanjutnya akan dibahas dalam rapat TAD yang akan datang yang diharapkan dapat memberikan rekomendasi final dalam penyelesaian aset ABMA/C tersebut. (Bidang PKN Kanwil XII DJKN Banjarmasin)


Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini