Berita DJKN

KPKNL Bima Laksanakan Lelang Perdana Aset Pemda

Kamis, 21 Maret 2013 pukul 16:46:56   |   900 kali

Bima - Pemerintah Kota Bima mengikuti jejak Pemerintah Kabupaten Dompu yang telah melaksanakan kegiatan yang sama pada tahun lalu.  Pada 14 Maret 2013 pukul 09.15 WITA bertempat di Kantor Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Bima melakukan penghapusan Barang Milik Daerah (BMD) berupa kendaraan dinas dengan cara penjualan lelang melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima dengan Pejabat Penjual, Muhaimin, Kepala DPPKAD Pemerintah Daerah Kota Bima.

Pelaksanaan lelang kendaraan dinas melalui KPKNL Bima ini merupakan pertama kali dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Bima dengan diikuti sebanyak delapan belas peserta lelang.

Jumlah kendaraan yang dilelang sebanyak sembilan unit kendaraan roda empat dengan total nilai limit sebesar Rp281.750.000,00. Seluruhnya laku terjual secara lelang dengan total nilai hasil penjualan sebesar Rp292.750.000,00 dan menghasilkan Bea Lelang sebesar Rp5.855.000,00.

Langkah yang ditempuh oleh Pemerintah Kota Bima dalam melakukan penghapusan BMD Kabupaten Bima dengan cara penjualan secara lelang melalui KPKNL Bima ini dalam rangka mendapatkan nilai wajar kendaraan agar hasil penjualan optimal dan dapat dipertanggungjawabkan.

Ketika dimintai pendapat terkait pelaksanaan lelang ini, Muh. Rum, Sekretaris Daerah Kota Bima merasa puas dengan hasil penjualan lelang ini dan akan segera menyampaikan laporannya kepada H.M. Qurais H. Abidin, Walikota Bima saat ini.

    

Pelaksanaan lelang kendaraan dinas ini dipimpin oleh Aloysius Sunaryo selaku Pejabat Lelang pada KPKNL Bima. Meskipun jumlah BMD Kota Bima yang dilelang kali ini tidak banyak, namun diharapkan pelaksanaan lelang ini merupakan langkah awal dan akan ditindaklanjuti lagi dengan pelelangan BMD lainnya yang sudah layak dihapuskan.

Kepala KPKNL Bima menyampaikan bahwa semakin banyaknya Pemerintah Daerah yang melaksanakan penghapusan BMD dengan menggunakan jasa lelang melalui KPKNL Bima, menunjukkan tingkat kepercayaan Pemerintah Daerah terhadap KPKNL Bima semakin tinggi. Tingkat kepercayaan yang semakin tinggi ini harus dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi dengan cara memberikan pelayanan yang memuaskan kepada setiap pengguna jasa secara ikhlas, ramah, dan penuh senyum serta secara terus-menerus menjaga hubungan yang baik dengan pengguna jasa antara lain Pemda, Kementerian/Lembaga, dan Penyerah Piutang.

(sigit-KPKNL Bima)

Foto Terkait Berita