Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kanwil IX Semarang Adakan Seleksi Administrasi dan Ujian Kompetensi Diklat Pejabat Lelang Kelas II
N/a
Senin, 24 September 2012 pukul 11:16:13   |   1744 kali

Semarang – Hari kamis (13/9) telah diadakan seleksi administrasi dan ujian kompetensi penerimaan peserta diklat Pejabat Lelang Kelas II di Kantor Wilayah IX Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Semarang (Kanwil IX DJKN Semarang). Pelaksanaan ujian diikuti oleh 24 orang peserta  yang  berasal dari beberapa daerah di wilayah Jawa Tengah. Kegiatan yang sama juga dilakukan serentak di 6 (enam)  wilayah kerja DJKN yaitu di Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Makassar. Untuk wilayah Semarang pelaksanaan tes dilaksanakan langsung oleh tim kantor pusat DJKN yang diwakili oleh Kasubdit Bina Lelang II Ida Novianti.

Pelaksanaan seleksi administrasi dan ujian kompetensi di Kanwil IX DJKN Semarang dibuka oleh Kepala Kanwil IX DJKN Semarang Suhadi dan didampingi oleh Kepala Bidang Lelang Kanwil Semarang Sri Handayani. Dalam sambutannya, Suhadi menyampaikan bahwa kegiatan lelang di DJKN  telah ada sejak organisasi berbentuk Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN), Badan Urusan Piutang Negara (BUPN), Badan Urusan Piutang Lelang dan Negara (BUPLN), Direktorat Jenderal Piutang dan Lelang Negara (DJPLN), dan terakhir DJKN. Dengan adanya perkembangan ketentuan lelang yang terkait lelang non eksekusi sukarela, ini berarti membuka peluang bagi kalangan swasta atau  notaris untuk dapat berperan dalam pelaksanaan kegiatan lelang sukarela non eksekusi selaku Pejabat Lelang Kelas II. Diharapkan kegiatan lelang semakin berkembang dan diminati oleh masyarakat, sehingga secara tidak langsung juga akan membantu pemerintah dalam meningkatkan baik melalui penerimaan pajak maupun penerimaan negara bukan pajak (PNBP) melalui bea lelangnya.

Para peserta ujian berasal dari masyarakat yang mempunyai minat terhadap jabatan Pejabat Lelang (PL) Kelas II, melalui mekanisme pengajuan permohonan untuk mengikuti diklat PL kelas II dan memenuhi syarat, serta menerima surat panggilan untuk mengikuti seleksi peserta diklat PL kelas II.

     

Pengumuman kelulusan dari seleksi administrasi dan ujian kompetensi PL Kelas II angkatan tahun 2012 disampaikan melalui surat pos tercatat dan surat elektronik (email) kepada seluruh peserta pada tanggal 25 September 2012. Sebelum dikukuhkan statusnya sebagai peserta diklat PL Kelas II tahun 2012, peserta harus melewati seleksi wawancara yang waktunya akan ditentukan kemudian. Apabila peserta lulus proses wawancara dan lulus diklat PL Kelas II,  akan diangkat menjadi Pejabat Lelang Kelas II oleh DJKN.

Para Pejabat Lelang Kelas II ini nantinya dipersiapkan untuk mengisi komposisi Pejabat Lelang Kelas II sebanyak 9 (sembilan) orang yang tersebar pada wilayah Semarang sebanyak 3 (tiga) orang, Purwokerto 1 (satu) orang, Surakarta 2 (dua) orang, Tegal 1 (satu) orang dan Yogyakarta 2 (dua) orang. Pelaksanaan ujian yang dilaksanakan di Kanwil IX DJKN Semarang berjalan dengan tertib dan lancar.

(Widiyantoro- Kanwil IX Semarang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini