Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1935 di Kanwil Manado
N/a
Kamis, 21 Maret 2013 pukul 17:34:49   |   1081 kali

 Manado – Hari Raya Nyepi merupakan hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun dan tahun ini jatuh pada 12 Maret 2013 merupakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1935. Bertepatan dengan hari besar tersebut sekaligus untuk menghormati pegawai yang beragama Hindu, pada 15 Maret 2013 Kantor Wilayah XVI Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil XVI DJKN) Manado mengadakan perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1935. Acara yang diadakan di ruang tengah Kanwil XVI DJKN Manado tersebut diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai di Kanwil XVI DJKN Manado dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Manado serta ibu-ibu dharma wanita. Acara tersebut memperlihatkan betapa besarnya rasa kekeluargaan dan toleransi beragama yang ada di Manado terutama pada Kanwil XVI DJKN Manado.

Dalam acara tersebut, Kepala Kanwil (Kakanwil) XVI DJKN Manado Ngakan Putu Tagel langsung menyampaikan beberapa arahan kepada para pegawai. Arahan pertama yaitu mengenai Nilai-Nilai Kementerian Keuangan harus senantiasa dijalankan baik pada saat bekerja maupun dalam kehidupan sehari-hari terutama yang menyangkut masalah integritas. Berkenaan dengan hal tersebut, Kakanwil menyampaikan bahwa istri juga memegang peranan penting dalam menjaga integritas para suaminya yang bekerja. Untuk itu  Ia berpesan agar para istri dapat selalu mengawasi suaminya yang bekerja misalnya saja pendapatan suami harus jelas dan selalu ditanyakan apabila ada pendapatan yang tidak seperti biasanya.

       

Di samping itu Kakanwil juga berpesan bahwa di Kementerian Keuangan tidak membeda-bedakan antar eselon I jadi tidak perlu rendah diri dengan eselon I yang lain karena kita semua ini sama, satu atap yaitu Kementerian Keuangan. Kemudian Ia menceritakan acara kunjungan Menteri Keuangan ke Makassar beberapa hari lalu. Kakanwil memaparkan kepada Menteri Keuangan kinerja Kanwil XVI DJKN Manado tahun 2012 yang pencapaiannya sangat bagus.

Setelah menyampaikan beberapa arahan tersebut, kemudian Ia mulai masuk pada perayaan Nyepi. Ia menyampaikan bahwa musuh utama yang harus kita perangi adalah musuh yang ada dalam diri kita sendiri. Beberapa musuh yang harus diperangi di antaranya adalah perasaan iri dan dengki. Perasaan tersebut merupakan sifat buruk yang dimiliki manusia jadi sebisa mungkin harus dihilangkan karena akan berdampak buruk pada orang itu sendiri maupun orang lain. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan perasaan tersebut salah satunya adalah dengan mensyukuri segala sesuatu yang telah Tuhan berikan kepada kita semua.

Sebelum acara ditutup, para pegawai meneriakkan yel-yel DJKN One Team, One Spirit, One Goal dengan penuh semangat. (Febrianto – Kanwil XVI DJKN Manado)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini