Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
RKA dan Data Dukung Final dari Satker sebagai Dasar untuk Menyusun RKAKL Tahun 2013
N/a
Jum'at, 19 Oktober 2012 pukul 16:33:09   |   683 kali

Jakarta – Penerapan Penganggaran Berbasis Kinerja (PBK) dalam Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKAKL) tahun 2013 akan memasuki tahun ketiga sejak ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 90 Tahun 2010. Sebagai konsep yang nyaris seluruhnya baru, tentunya masih banyak permasalahan yang terjadi dalam penerapan PBK di kantor vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Selain itu, kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan oleh Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Keuangan maupun Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) masih terus diperbaiki setiap tahunnya.

Untuk itu, dalam rangka persiapan penyusunan RKAKL tahun 2013, Subbagian Perencanaan Anggaran Bagian Keuangan Sekretariat DJKN menyelenggarakan kegiatan Finalisasi Data Dukung RKAKL Tahun Anggaran 2013 – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), mulai tanggal 17 September 2012 s.d. 3 Oktober 2012 di Hotel Redtop, Pecenongan, Jakarta  Pusat. Acara ini diselenggarakan bekerja sama dengan Bagian Perlengkapan Sekretariat DJKN, Direktorat Anggaran II DJA, serta Biro Perencanaan dan Keuangan (Rocankeu) Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan.

      

Peserta kegiatan ini melibatkan 87 satuan kerja (satker) vertikal di lingkungan DJKN, yang terdiri dari 17 kantor wilayah (kanwil) dan 70 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), yang dibagi ke dalam 4 angkatan, dimana waktu pelaksanaan kegiatan setiap angkatan adalah 2 hari. Angkatan I dilaksanakan tanggal 17-19 September diikuti satker yang berasal dari Kanwil IX DJKN Semarang, Kanwil X DJKN Surabaya, Kanwil XII DJKN Banjarmasin, dan Kanwil XIV DJKN Denpasar. Angkatan II dilaksanakan tanggal 24-26 September diikuti oleh satker yang berasal dari Kanwil I DJKN Banda Aceh, Kanwil III DJKN Pekanbaru, Kanwil IV DJKN Palembang, dan Kanwil VIII DJKN Bandung. Angkatan III dilaksanakan tanggal 27-29 September diikuti satker yang berasal dari Kanwil II DJKN Medan, Kanwil V DJKN Bandar Lampung, Kanwil VI DJKN Serang, Kanwil XI DJKN Pontianak, Kanwil VII DJKN Jakarta. Angkatan yang terakhir, Angkatan IV dilaksanakan tanggal 1-3 Oktober diikuti satker yang berasal dari Kanwil XIII DJKN Samarinda, Kanwil XV DJKN Makassar, Kanwil XVI DJKN Manado, Kanwil XVII DJKN Jayapura.

Agenda kegiatan pada setiap angkatan di hari pertama adalah pembukaan kegiatan oleh Kepala Bagian Keuangan DJKN, pengarahan PBK oleh DJA dan Rocankeu, sosialisasi PMK 113/PMK.05/2012 tentang Perjalanan Dinas Dalam Negeri bagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri, dan Pegawai Tidak Tetap, dan dilanjutkan penelaahan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan data dukung. Sedangkan di hari kedua adalah pengarahan penyelesaian RKA dan data dukung oleh Kepala Subbagian Perencanaan Anggaran, penyelesaian RKA dan data dukung oleh satker, lalu penutupan kegiatan oleh Sekretaris DJKN. Hasil (ouput) dari kegiatan ini adalah RKA dan data dukung final dari satker yang akan digunakan sebagai dasar untuk menyusun RKAKL tahun 2013. (Hamid Andra – Subbag PA)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini