Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
DJKN Tingkatkan Komitmen untuk Adaptif Terhadap Perubahan melalui Change Management
Aditya Agung Kandias
Senin, 24 Oktober 2022 pukul 17:49:56   |   79 kali

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mengadakan Webinar Series III Change Management pada Senin (24/10) untuk memberikan pemahaman yang baik terkait change management dan meningkatkan komitmen dari semua pihak untuk menggiring organisasi menjadi lebih adaptif terhadap perubahan. Plt. Direktur Transformasi dan Sistem Informasi Joko Prihantoro menyampaikan bahwa dengan adanya change management program ini diharapkan dapat memitigasi risiko yang dapat terjadi dan menjamin pengelolaan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

 

Ia mengungkapkan bahwa perubahan kondisi dan masifnya proses digitalisasi harus dapat dikelola dengan baik sehingga momentum perubahan ini dapat kita manfaatkan untuk memperkuat kapasitas dan kualitas organisasi yang kita cintai. “Perlu diingat bahwa transformasi dan perubahan besar memiliki tantangan yang besar pula. Tantangan utama dalam prosesnya antara lain adalah adanya resistensi dari pegawai akan perubahan, perilaku manajemen yang tidak mendukung perubahan, serta tidak cukupnya sumber daya dan anggaran”, tuturnya.

 

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Webinar Series III Change Management yang mengangkat tema “Together We Change, Together We Transform” bertujuan memberikan pemahaman yang baik kepada pegawai terkait change management, manfaat melakukan perubahan, serta cara dan bentuk perubahan. Diharapkan komitmen dan kemampuan pimpinan akan meningkat, serta harapannya dapat menggiring organisasi menjadi lebih adaptif terhadap perubahan, meminimalisasi resistensi pegawai terhadap pegawai dan mengurangi risiko kegagalan dalam perubahan.

 

Pada kesempatan tersebut, dialog yang dipandu oleh Kepala Bagian SDM Rustanto menghadirkan beberapa narasumber yaitu Change Management Advisor dari Asture Solutions Millian Ikhsan yang membahas tentang teori dan approach dari change management, impelementasi di lapangan serta bagaimana membangun mindset dan mentalitas change-ready di dalam organisasi. Narasumber berikutnya yaitu Change Management Officer II, Central Transformation Office Elang Tomi Arifianto yang membahas tentang proses transformasi yang dilakukan di Kementerian Keuangan, serta Narasumber terkahir yaitu Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta Suryawan Putra Hia yang membahas tentang upaya transformasi yang telah dilakukan pada PT KAI.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini