Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Luncurkan KOIN 2022/2023, Dirjen KN Harapkan Kontribusi Finansial, Ekonomi, dan Sosial dari Optimalisasi Aset
Eka Wahyu Yuliasari
Kamis, 31 Maret 2022 pukul 19:38:28   |   183 kali

Jakarta - Optimalisasi aset negara sejatinya merupakan working-definition yang menyesuaikan dengan perkembangan yang ada. Secara sederhana, optimalisasi aset negara dapat dengan mudah dilihat dari kontribusi yang berasal dari Barang Milik Negara (BMN) dan Kekayaan Negara Lain-lain. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN), Rionald Silaban dalam acara Launching dan Sosialisasi KOIN MAS DJKN 2022/2023 yang diselenggarakan pada Kamis (31/3) secara daring di Jakarta.

“Kontribusi dimaksud tidak hanya secara finansial bagi keuangan negara melalui PNPB, cost saving, dan pembiayaan semata, tetapi juga meliputi manfaat dan dampak positif pada aspek ekonomi dan sosial,” jelas Dirjen KN.

Dalam sambutannya, Dirjen KN menyampaikan apresiasi kepada seluruh Kepala Kanwil, Kantor Pelayanan Kekayaan Negar dan Lelang (KPKNL), dan secara khusus seluruh tim KOIN Asset Manager, di mana tim ini merupakan pembuktian implementatif atas peran DJKN selaku Manajer Aset. Progres dan hasil tim KOIN memberikan contoh bagaimana strategi mengelola aset negara secara optimal. Hal ini tentunya dapat menjadi best-practices dalam mengelola aset negara yang dapat diadopsi dan direplikasi oleh manajer aset manapun.

“KOIN MAS menjadi cara kita untuk mengakselerasi peran DJKN sebagai center of excellence dalam manajemen aset. Di mana hanya soal waktu bahwa business model yang dibangun DJKN dapat menjadi barometer/kiblat dalam pengelolaan aset oleh pihak manapun baik dari dalam dan luar negeri,” ujarnya.

Ke depannya, Rio berharap seluruh tim KOIN semakin gencar dalam mendesiminasi dan mengedukasi masyarakat mengenai kontribusi finansial, ekonomi, dan sosial dari aset negara di wilayah kerja masing-masing. “Prioritaskan aset negara yang bersifat strategis dan memberikan kontribusi nyata sebagai bahan pemaparan nantinya,” pesan Rio.

Ketua Panitia KOIN MAS DJKN yang jug sebagai Tenaga Pengkaji Optimlisasi Kekayaan Negara Jose Arif Lukito menyampaikan bahwa pada tahun 2022 ini KOIN kembali hadir dengan nama dan semangat baru: Kompetisi Inovasi Manajer Aset, atau disingkat KOIN MAS. “Tahun ini tagline kita adalah kompetisi dan inovasi untuk solusi. Sehingga program ini bisa benar-benar membumi, bisa dilaksanakan, dan memperoleh hasil yang nyata,” kata Jose. 

Panitia berharap pelaksanaan KOIN MAS 2022/2023 dapat berjalan lebih baik serta mampu menyajikan berbagai ide dan terobosan pemanfaatan BMN yang inovatif dan bernilai guna. “Semoga KOIN MAS 2022/2023 dapat menjadi etalase portfolio pemanfaatan BMN yang optimal, demi mendukung visi DJKN menjadi Distinguished Asset Manager,“ pungkasnya. 

Dalam Launching KOIN MAS ini juga dilakukan Sosialisasi terkait pelaksanaan KOIN MAS oleh Kepala Subdirektorat BMN III Direkorat BMN Bambang Sulistyo dan Kepala Subdirektorat Standarisasi Penilaian Bisnis dan SDA Direktorat Penilaian Nafiantoro Agus S. (lia/hms)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini