Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Berita DJKN

Lakukan Kunker Virtual, Dirjen KN: Kami Titipkan Masa Depan Kemenkeu pada pegawai di KPKNL Parepare

Jum'at, 01 Oktober 2021 pukul 15:42:29   |   196 kali

Parepare – Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Rionald Silaban menyampaikan bahwa lebih dari 50% pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Parepare merupakan generasi millenial sehingga dipundak para pegawai ini masa depan Kementerian Keuangan akan diteruskan.  “Kami titipkan masa depan Kementerian Keuangan di pundak teman-teman KPKNL Parepare,” ujarnya saat melakukan kunjungan virtual di KPKNL Pareparepada Jumat, (1/10) melalui zoom meeting.


Kegiatan ini dilaksanakan pukul 09.30 WITA dan diikuti oleh seluruh Pegawai KPKNL Parepare. Dikarenakan bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila, kunjungan virtual ini juga dilaksanakan setelah seluruh pegawai mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila secara virtual.


Sebelumnya, dalam  kunjungan virtual ini, Kepala Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat Ekka S. Sukadana juga turut hadir untuk memberikan sedikit kalimat sambutan dan juga memperkenalkan beberapa kearifan lokal khususnya di lingkup wilayah KPKNL Parepare.


Sesi saling sapa dari Dirjen KN pada Kepala KPKNL Parepare Fredy Himarwanto terlihat menglir. Dalam sesi ini, Fredy memaparkan sedikit tentang capaian pada KPKNL Parepare dan kondisi terkini pada KPKNL Parepare khususnya terkait proses renovasi gedung baru KPKNL Parepare.


Dalam kesempatannya, Fredy juga mengundang Dirjen KN untuk dapat meresmikan gedung baru KPKNL Parepare nantinya jika sudah selesai direnovasi. “Renovasi gedung baru ini diharapkan bisa rampung sebelum berganti tahun, jika berkenan bapak dapat berkunjung dalam peresmian gedung baru kami nantinya,” ungkapnya.


Selanjutnya Fredy memperkenalkan Kepala Seksi satu persatu untuk dapat berbincang secara langsung dengan Dirjen Kekayaan Negara yang dimulai dari memperkenalkan Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara.

Fredy memperkenalkan Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Arip Budiyanto. Arip menyampaikan bahwa pada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara terdapat tiga orang pelaksana yang selama ini membantunya dalam melaksanakan tugas yaitu Evy, Dian, dan Budi. Seluruhnya mendapat kesempatan berbincang dengan Dirjen KN dan membahas terkait kinerja, dan lain lainnya.


Selanjutnya beranjak ke Seksi Pelayanan Piutang Negara, sekaligus Pelayanan Lelang. Andi Ahmad Rivai, selaku Kepala Seksi Pelayanan Lelang sekaligus Pelaksana Tugas Kepala Seksi Pelayanan Piutang Negara. Rivai memperkenalkan terlebih dahulu pelaksana dari Seksi Pelayanan Piutang Negara yaitu Desi dan Ismet. Kedua punggawa Piutang Negara tersebut menceritakan terkait suka duka dalam pelaksanaan tugas penagihan Piutang Negara kepada debitur.


Menanggapi hal ini, Dirjen KN mengtakan  tugas penagihan piutang negara pada debitur itu membutuhkan keahlian dalam membaca psikologis manusia. “Saya salut dengan teman teman ini, karena penagihan piutang negara ini membutuhkan keahlian khusus seperti bagaimana mengelola emosi dan psikologis dari diri sendiri maupun debitur,” ujar orang nomor satu di DJKN ini.


Selain itu, Rivai memperkenalkan bahwa pada Seksi Pelayanan Lelang terdapat satu orang Pelelang Muda yaitu Eko, satu orang Pelelang Pertama yaitu Hadri, dan dua orang Pelaksana yaitu Muhajir dan Widya. Keempat personil tersebut menceritakan terkait kehidupan pribadi, pengalaman selama di seksi lelang, dan lain lainnya.


Selanjutnya, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian Husnaeni memperkenalkan kedua anggota pada Seksi Penilaian yaitu Asdar, dan Marten. Keduanya merupakan Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah Pertama di KPKNL Parepare. Dalam sesi ini Seksi Pelayanan Penilaian menceritakan suka duka selama melaksanakan tugas penilaian.


Setelah semua seksi teknis berkesempatan untuk berbincang dengan Dirjen KN, kegiatan berlanjut dengan bincang dengan Seksi Supporting dimulai dari Seksi Hukum dan Informasi. Kepala Seksi Hukum dan Informasi Rahmat Eka Saputra meminta kesempatan untuk menayangkan Video Profil KPKNL Parepare yang sudah disiapkan oleh tim dari KPKNL Parepare. Eka juga memperkenalkan personil dari Seksi Hukum dan Informasi yang terdiri dari Fuad, Alvin dan Yayu. Dalam kesempatan ini masing masing memperkenalkan diri dan menceritakan terkait pengalaman serta tugas dan fungsi masing masing.


Kepala Subbagian Umum Fatmah Jasin Wartabone memperkenalkan personilnya di antaranya adalah, Marwiah, Faizal, Hendrik, Indah, dan Desy. Seluruh personil menceritakan pengalaman kerja selama di DJKN serta kehidupan pribadinya masing masing selama berbincang dengan Dirjen KN.


Dan terakhir bincang dengan Seksi Kepatuhan Internal, Sumiati selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal memperkenalkan anggotanya yaitu Puspitasari, dan Cliff. Sumiati juga menginfokan bahwa salah satu staffnya yaitu Cliff, sedang melaksanakan Tugas Belajar pada Universitas Hasanuddin, sehingga tidak sempat mengikuti kegiatan kunjungan virtual ini.

Kunjungan Dirjen KN ke KPKNL Pare-Pare ini diharapkan dapat menjadi penyemangat para pegawai dalam melaksanakan tugas-tugasnya meskipun di tengah pandemi. (Alvin Mahamidi – Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |