Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL-KPPN Cirebon Berikan Edukasi APBN 2021 dan Pengelolaan BMN pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Ciayumajakuning
Irfan Rachmat Devianto
Senin, 20 September 2021 pukul 10:01:39   |   303 kali

Cirebon - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Cirebon bersama Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A1 (KPPN) Cirebon mengadakan kegiatan DJKN Goes to Campus 2021 (GTC 2021) dengan tema Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2021 dan pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) secara daring melalui platform video conference zoom.us dan disiarkan pada akun youtube KPKNL Cirebon pada Jumat (17/9). Kegiatan ini diikuti oleh 295 peserta dari lima perguruan tinggi di Ciayumajakuning diantaranya IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Universitas Gunung Jati, Universitas Wiralodra Indramayu, Universitas Majalengka dan Universitas Kuningan. 

 

Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat Tavianto Noegroho mengatakan bahwa pelaksanaan Goes to Campus ini merupakan salah satu upaya KPKNL dan KPPN dalam mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal ini merupakan salah satu bentuk edukasi untuk menyebarluaskan pemahaman secara luas terutama bagi mahasiswa/i dan masyarakat pada umumnya terkait keuangan negara. “Dalam APBN terdapat tiga komponen: yang pertama pendapatan negara, perpajakan yang didalamnya terdapat pajak sendiri, bea dan cukai, penerimaan bukan pajak dan hibah; kedua, belanja negara; dan yang terakhir yaitu pembiayaan anggaran,” ujarnya.

 

Kepala KPKNL Cirebon Dwi Wahyudi sebagai narasumber dalam kegiatan ini menjelaskan tugas dan fungsi DJKN terkait pengelolaan aset negara. Ia mengajak peserta GTC 2021 untuk bersama-sama menjaga aset negara dan melaporkan jika menemukan oknum yang menyalahgunakan aset negara.

 

Lebih lanjut, narasumber kedua yakni Kepala KPPN Tipe IA Cirebon Lili Khamiliah menjelaskan seluk beluk pengelolaan keuangan negara diantaranya pengelolaan dana APBN serta kebijakan utang pemerintah dalam menyeimbangkan pendapatan dan belanja negara guna mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Kedua narasumber berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman baru mengenai APBN dan pengelolaan BMN kepada para peserta.

 

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Majalengka Prof. Dr. Ir. H. Sutarman, M.Sc. dalam sambutannya berharap bahwa KPKNL dan KPPN dapat mengelola dengan baik barang dan harta milik negara. “Semoga barang milik negara terkelola dengan baik dan dapat digunakan sepenuhnya untuk kebermanfaatan kepentingan masyarakat,” tuturnya.

 

Serupa dengan harapan rektor Universitas Majalengka, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dr. H Sumanta Hasyim, M.Ag berpesan kepada jajaran KPKNL dan KPPN untuk dapat terus mengelola barang milik negara secara optimal dan tetap menjalin kerja sama dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Selanjutnya satu per satu Rektor Universitas Swadaya Gunung Jati,  Rektor Universitas Wiralodra dan Rektor Universitas Kuningan memberikan sambutannya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini