Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Hadirkan Kompetisi dan Inovasi Lelang Sukarela Produk UMKM, DJKN Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional
Esti Retnowati
Rabu, 24 Maret 2021 pukul 15:23:54   |   628 kali

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mencanangkan Kompetisi dan Inovasi Lelang Sukarela Produk UMKM (Kedai Lelang UMKM) pada Selasa (23/03). Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban mengatakan bahwa kompetisi inovasi ini mengusung semangat sosialisasi guna membantu pemulihan ekonomi nasional melalui kerja sama dengan para pengusaha ultra mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam memasarkan produknya.

Selain menjadi ajang implementasi dari fleksibilitas norma Lelang Sukarela yang diatur dalam PMK 213, KEDAI Lelang dapat digunakan sebagai bentuk penggalian potensi lelang sukarela, di mana inovasi, kreativitas, dan kerja sama yang baik merupakan hal yang dapat dioptimalkan pada sektor lelang sukarela dengan objek produk UMKM serta mendorong ide kreatif untuk pengembangan lelang dan menghasilkan produktivitas yang dapat membantu perekonomian UMKM,” ujar Rio. PMK 213 Tahun 2020 merupakan kebijakan baru tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang yang mulai efektif berlaku pada hari Selasa tanggal 23 Maret 2021.

Lebih lanjut, Rio menjelasakan bahwa KEDAI Lelang UMKM juga merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Lelang yang ke-113.  Momen 113 Tahun Lelang Indonesia ini mengambil ditetapkannya Vendu Reglement (Undang-Undang Lelang). Hari Lelang yang ke-113 ini diperingati dengan cara yang berbeda, yakni melalui Kompetisi dan Inovasi Lelang Sukarela Produk UMKM di tingkat masing-masing Kantor Wilayah DJKN dan juga melibatkan Pejabat Lelang Kelas II serta Balai Lelang Swasta. Di antara peserta akan dipilih 17 terbaik, 6 terbaik, dan terakhir 3 terbaik.

Rio berharap kegiatan KEDAI Lelang UMKM ini dapat berjalan dengan baik, lancar, efektif dan mampu memberikan masukan atau ide-ide yang konstruktif bagi upaya perbaikan layanan lelang. “KEDAI Lelang, Inovasi Tiada Henti, Sahabat UMKM,” pungkasnya.

Pada acara yang sama, DJKN juga menyelenggarakan bincang santai UMKM dengan menghadirkan narasumber Rizal Edwin Manangsang, Asisten Deputi Ekonomi Digital Kementerian Perekonomian dan Eddy Satria, Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini