Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Dirjen KN: Pemahaman terhadap Kontrak Kinerja, Perencanaan Matang, dan Sikap Dinamis sebagai Kunci Sukses Tahun 2021
Nurul Fadjrina
Jum'at, 29 Januari 2021 pukul 10:22:10   |   293 kali

Jakarta – Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata mengungkapkan tiga faktor kunci dalam mencapai kesuksesan kinerja Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) di tahun 2021. Ketiga hal tersebut adalah pemahaman yang baik terhadap Kontrak Kinerja dan perencanaan capaiannya, serta agility atau keluwesan yang tertuang dalam sikap dan pola pikir dinamis. Hal ini ia ungkapkan dalam acara Penandatanganan Kontrak Kinerja tahun 2021 seluruh pejabat eselon dua di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), yang dilakukan secara daring pada Jumat (29/1).

Pemahaman terhadap Kontrak Kinerja serta perencanaan yang matang terhadap pencapaian targetnya, menurut Isa, diperlukan seiring dengan perubahan dan penyempurnaan Indikator Kinerja Utama yang semakin menantang. “Tentunya perubahan-perubahan tersebut akan membuat kita shock, terkejut jika tidak mengantisipasinya dengan baik. Untuk itu, saya masih mempunyai resep bahwa perencanaan adalah antisipasi yang baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa sikap dinamis turut dibutuhkan agar seluruh insan DJKN dapat menyesuaikan berbagai cara dalam menyikapi target kinerja. “Yang paling hebat di antara kita bukanlah yang paling kuat, tapi yang paling bisa menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Itulah yang juga harus terjadi di DJKN. Kita dinamis, kita mampu menyesuaikan diri dengan segala hal,” katanya.

Isa juga mengutip pesannya melalui DJKN1 message pekan lalu, bahwa ia akan terus mengingatkan, kunci untuk berkinerja baik adalah dengan membuat perencanaan detil, menerapkannya secara konsisten dan persisten, serta disiplin dalam melakukan monitoring dan evaluasi. Oleh karena itu, di tahun 2021 ini, ia mengimbau agar monitoring dan evaluasi capaian kinerja dapat dilakukan setiap bulan.

Selain itu, terkait realisasi kinerja di tahun 2020, Isa mengaku gembira karena seluruh insan DJKN telah memberikan hasil yang terbaik. “Saya senang DJKN tidak begitu saja menganggap pandemi menjadi alasan untuk kita tidak bersemangat mencetak kinerja yang optimal,” ucapnya. Ia berharap, semangat ini dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan. “Target kinerja 2021 tidak ada yang lebih rendah dari capaian tahun lalu. Ini tentunya untuk memastikan DJKN terus bergerak maju menjadi organisasi yang lebih sehat, lebih baik. Karena kita sendiri sudah bertekad untuk menjadi distinguished asset manager dengan kualitas, prestasi, dan reputasi kita yang lebih baik,” pungkasnya. (nf/humas DJKN)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini