Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Geliat Kehumasan Pertajam Kontrol Publik atas Kinerja DJKN
N/a
Jum'at, 14 Desember 2012 pukul 07:54:29   |   631 kali

Banjarmasin - Masyarakat semakin antusias mencermati kinerja pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah, baik  pusat maupun daerah. Sebagai salah satu institusi pemerintah yang mempunyai layanan publik, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) semakin giat untuk menjembatani maksud tersebut  melalui berbagai bentuk pelayanan informasi. Direktorat Hukum dan Hubungan Masyarakat sesuai tugas dan fungsinya gencar melakukan sosialisasi kehumasan dan jurnalistik di berbagai  Kantor Wilayah (Kantor Wilayah) DJKN. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkuat komitmen pegawai di seluruh lini DJKN untuk berperan sebagai agent dalam bidang kehumasan. Akhir dari episode tour of duty pada tahun ini berlokasi di Kanwil XII DJKN Banjarmasin.

Sosialisasi tersebut diselenggarakan pada 4 Desember 2012 bertempat di Aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banjarmasin dengan peserta  dari Kanwil maupun KPKNL yang berada di wilayah kerja Kanwil XII Banjarmasin. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Kanwil XII Banjarmasin Hady Purnomo dengan tayangan profil Kanwil berikut penyampaian informasi tentang capaian kinerja sampai dengan November 2012. Hady Purnomo berharap  agar kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman setiap pegawai akan arti penting kehumasan dan jurnalistik dalam pelayanan informasi secara cepat, tepat,  dan akurat kepada masyarakat luas.

Direktur Hukum dan Hubungan Masyarakat DJKN Tavianto Noegroho secara lugas mengawali sambutan dengan gambaran umum tentang peran strategis kehumasan dalam menginformasikan tugas dan fungsi serta capaian kinerja DJKN dari waktu ke waktu kepada masyarakat luas. Hal ini sangat penting untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan yang bersih (good governance), efisien dan efektif. Tavianto juga menjelaskan berbagai media informasi DJKN yang dapat diakses oleh masyarakat luas, antara lain website, majalah Media Kekayaan Negara, KIOSK, LED, dan IDCC (Information Desk & Call Center). Progres kegiatan direktorat yang dipimpinnya dijelaskan secara runtut dan menarik dengan segala keterbatasan yang ada saat ini. Dalam sesi ini langsung dibuka komunikasi interaktif yang semakin menambah antusias seluruh peserta.

Sebelum pendalaman materi sosialisasi oleh Tim Kantor Pusat, Tavianto mengadakan wawancara dengan TVRI Stasiun Banjarmasin mengenai maksud dan tujuan penyelenggaraan sosialisasi.

Tavianto menegaskan bahwa berbagai kegiatan kehumasan yang telah dan akan terus dilakukan merupakan wujud komitmen untuk membuka peluang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk melakukan kontrol kinerja publik dan sekaligus edukasi publik serta menjelaskan tugas dan fungsi DJKN. Peran masyarakat sangat diperlukan dalam mengawal track reformasi birokrasi yang telah dicanangkan Kementerian Keuangan.

  

Debbi Siska dan Risma S. dari Tim Kantor Pusat membawa peserta lebih mendalami pengetahuan tentang kehumasan dan jurnalistik pada sesi selanjutnya. Oleh karena merupakan pengetahuan baru, maka peserta semakin antusias mengikuti acara inti tersebut sampai akhir. Komunikasi interaktif terbangun bersamaan dengan jalannya acara antara pemateri dengan peserta. Pemahaman peserta tentang kehumasan dan jurnalistik merupakan bekal penting dalam menghadapi tantangan dalam pelaksanaan tugas yang semakin berat di masa mendatang.

Acara ditutup oleh Hady Purnomo dengan penegasan, “setiap pegawai DJKN harus siap menjadi agent kehumasan dalam mempersembahkan kinerja terbaik bagi institusi DJKN dan bagi kesejahteraan masyarakat”. (Bidang HI- Kanwil XII DJKN Banjarmasin)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini