Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kakanwil XII DJKN Banjarmasin Buka TOT Pengelolaan dan Penatausahaan BMN
N/a
Selasa, 23 Juni 2009 pukul 09:22:32   |   854 kali

KAKANWIL XII DJKN BANJARMASIN BUKA TOT PENGELOLAAN DAN PENATAUSAHAAN BMN

Oleh : Gustaman Ma’sudi, Kanwil XIII Samarinda

          Kepala Kantor Wilayah XII DJKN Banjarmasin Sapto Mintarto membuka secara resmi Training of Trainers (ToT) Pengelolaan dan Penatausahaan BMN di Hotel Palem Banjarmasin, Senin 22 Juni lalu. ToT yang diikuti oleh sekitar 40 peserta  terdiri dari pejabat dan pelaksana di lingkungan Kanwil XII Banjarmasin dan Kanwil XIII Samarinda itu akan berlangsung selama 5 (lima) hari kerja mulai 22 hingga 26 Juni 2009.

Pada sambutan pembukaannya, Sapto menjelaskan bahwa ada 3 (tiga) hal utama yang menjadi konsentrasi DJKN saat ini, yaitu adanya sejumlah peraturan perudang-undangan yang terus direvisi dan disempurnakan dalam rangka mengantisipasi banyaknya permasalahan-permasalahan pengelolaan dan penatausahaan BMN saat ini, kemudian adanya kontrak kinerja yang baru-baru ini ditandatangani oleh para Kakanwil dengan Dirjen kekayaan Negara, dan kondisi SDM DJKN yang perlu mendapatkan wawasan atau penambahan kompetensi.

         Sesuai dengan penjelasan Lukman Efendi, Kasubdit pada Direktorat BMN I sekaligus sebagai narasumber pada ToT kelima ini menjelaskan bahwa latar belakang ToT ini adalah karena selama ini masih terdapat perbedaan pemahaman mengenai  pengelolaan dan penatausahaan BMN antara unsur-unsur yang terkait di kantor pusat DJKN dan unit vertical DJKN di daerah.   Disamping itu ToT juga dilaksanakan dalam rangka memberikan keseragaman pemahaman sehingga diperlukan peningkatan SDM dalam bentuk ToT pengelolaan dan penatausahaan BMN di lingkungan Kanwil DJKN dan KPKNL. Lebih jauh dikatakan bahwa ToT ini dimaksudkan untuk menyiapkan para pejabat/pegawai dilingkungan Kanwil DJKN dan KPKNL yang memiliki kompetensi dan kapabilitas yang baik untuk melaksanakan kegiatan pembinaan atas pengelolaan dan penatausahaan BMN. Adapun tujuan dari ToT ini adalah untuk memberikan pemahaman  yang komprehensip kepada seluruh jajaran DJKN atas pelaksanaan pengelolaan dan penatausahaan BMN, untuk memberikan persamaan pemahaman dan pelatihan dalam mengoperasikan aplikasi SIMAK BMN serta meningkatkan kompetensi dan kapabilitas peserta dalam perannya sebagai trainer dalam bidang pengelolaan dan penatausahaan BMN.

        Materi ToT terdiri dari ceramah dan diskusi seputar pengelolaan BMN yang membedah sejumlah peraturan-peraturan BMN seperti PMK 96, PMK 97, PMK 120, PMK 171, studi kasus, dan aplikasi SIMAK BMN. Baik pada bagian awal maupun bagian akhir dari ToT ini diadakan Pre Test Pengelolaan dan Ujian Praktek SIMAK BMN yang dimaksudkan untuk  mengetahui kemampuan peserta pada sebelum dan setelah ToT  (gm)   

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini