Berita DJKN

Rakertas Bidang Lelang, Dirjen KN Imbau Insan Lelang Berikan Inovasi untuk Lelang RI

Kamis, 09 Juli 2020 pukul 19:39:51   |   131 kali

Jakarta - Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) menuntut berbagai pihak untuk melakukan berbagai terobosan dan inovasi guna beradaptasi dengan perubahan pada tatanan normal baru yang sedang berlangsung. Tuntutan mempertahankan kinerja di tengah kondisi saat ini tentunya menjadi tantangan baru, tidak terkecuali di sektor pemerintahan. Hal yang sama terjadi pada aktivitas lelang yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). “DJKN tidak mau berdiam diri, kita membuat berbagai terobosan di masa pandemi ini. Semoga berbagai inovasi dalam proses lelang dapat menjaga kinerja tahunan kita (DJKN-red) sampai akhir tahun, dan juga dalam rangka memajukan aktivitas lelang di Republik Indonesia” ujar Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Isa Rachmatarwata dalam Rapat Kerja Terbatas (Rakertas) Bidang Lelang Tahun 2020 pada Kamis, (9/7) melalui aplikasi Zoom Us.

 

Dalam arahannya, Isa mengatakan bahwa cara DJKN menyikapi dampak yang ditimbulkan COVID-19 terhadap penyelenggaraan lelang di masa pandemi sudah cukup baik. “Terobosan yang sudah dibuat selama pandemi ini, yang sudah dipikirkan secara matang sehingga kita akan tetap bisa melakukan semua aktivitas lelang dengan tata kelola yang baik dengan dasar hukum yang baik sehingga tidak memberikan risiko yang berlebihan,” ujarnya. 

 

Menurut Isa, tercapainya beberapa indikator kinerja utama di bidang lelang tidak terlepas dari usaha seluruh jajaran DJKN. Ia juga menyampaikan harapannya terhadap rakertas ini. “Melalui rakertas bidang lelang ini, semoga dapat disusun berbagai formula untuk menghasilkan layanan lelang yang semakin baik kedepannya yang mampu memitigasi risiko yang mungkin terdapat dalam pelayanan pelaksanaan lelang,” tutup Isa. 

 

Rakertas yang mengambil tema “Menghadapi Era Tatanan Normal Baru: Peningkatan Kinerja Lelang Dan Wawasan Insan Lelang Indonesia Dalam Pengembangan Lelang Berbasis Teknologi Informasi” ini dihadiri oleh pejabat eselon II dan III DJKN, pelelang KPKNL di seluruh Indonesia. Direktur Lelang DJKN Joko Prihanto dalam laporannya menyampaikan bahwa pada kesempatan rakertas kali ini, pihaknya akan mengadakan pembekalan kepada Insan Lelang Indonesia terkait kontrak elektronik dalam jual beli secara lelang. “Kami menganggap perlu untuk membekali diri dengan pemahaman terkait kontrak elektronik sebagai masukan untuk penyempurnaan regulasi serta upaya mitigasi risiko dalam proses lelang,” ujar Joko. 

 

Hadir sebagai narasumber Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan Ahli Hukum Telekomunikasi Dr. Edmon Makarim yang memberikan pemaparannya terkait Kontrak Elektronik dalam Pelaksanaan Lelang secara Elektronik. Menurut Edmon, transaksi digital elektronik seperti yang saat ini sedang dilakukan DJKN dalam proses lelang merupakan keniscayaan di era Industry 4.0. 

 

Menurutnya, transaksi lelang dapat dikembangkan sebagai transaksi elektronik, untuk itu harus dikembangkan sebagai satu kesatuan sistem elektronik yang memenuhi kriteria aman, andal, dan bertanggung jawab. Selain itu, Edmon juga menuturkan bahwa dalam proses lelang, dokumen dapat ditandatangani secara elektronik oleh pihak yang terlibat dengan memeperhatikan keamanan dan ketentuan yang ada. “Tanda tangan elektronik yang didiukung oleh sertifikat elektronik yang berinduk kepada Pemerintah dapat digunakan dalam proses transaksi lelang. Terakhir, dirinya juga menyatakan bahwa dalam hal ini pengembangan transaksi elektronik juga harus mengacu pada peraturan perundang-undangan. (tsy-humasDJKN)

Foto Terkait Berita