Berita DJKN

Menkeu Ajak Jajarannya Bersatu Kawal Pemulihan Ekonomi

Jum'at, 19 Juni 2020 pukul 20:49:52   |   182 kali

Jakarta - Pandemi corona virus disease (Covid-19) membuat dampak besar pada berbagai bidang kehidupan, salah satunya bidang perekonomian. Hal tersebut memberikan tekanan berat pada perekonomian negara-negara di dunia, salah satunya Indonesia. Oleh karena itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, secara khusus memberikan semangat kepada para pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) agar memiliki solidaritas rasa sebagai satu kesatuan keluarga dengan visi yang sama dalam menjaga dan mengelola keuangan negara.

“Ini tantangan kita sebagai punggawa keuangan negara," ujar Sri Mulyani dalam acara Townhall Meeting "Kami Kemenkeu: Satu Keluarga, Satu Visi, Mengawal Pemulihan Ekonomi” melalui virtual pada Jumat (19/06).


Sri Mulyani mengatakan pandemi Covid-19 bukan hal yang rutin terjadi setiap tahun atau dekade, sehingga semua pegawai harus sigap menghadapi tantangan yang terjadi. Selain masalah kesehatan, efek pandemi juga langsung dirasakan oleh semua sektor ekonomi, yang pada akhirnya mempengaruhi keuangan negara.

“Kita harus siap karena konsekuensinya besar sekali. Untuk bisa menjaga Keuangan Negara Republik Indonesia dari berbagai ancaman, seperti ancaman bencana ekonomi, PHK, dan kesenjangan sosial, kita kemudian harus memobilisasi keuangan negara untuk mengurangi ancaman tersebut,”ujar Sri Mulyani.


Lebih lanjut Menkeu mendorong para pegawai Kemenkeu untuk terus bekerja lebih keras dalam memikul tanggungjawab menghadapi setiap permasalahan akibat situasi pandemi ini. “Artinya kita membutuhkan kerja yang semakin keras, makin cerdas, makin antisipatif untuk menjaga dan menyehatkan kembali keuangan negara kita,” jelasnya.

Sri Mulyani juga meminta semua pegawai untuk tetap berpegang pada nilai-nilai yang dianut Kemenkeu. Menurutnya, semua pegawai harus tetap kompak menghadapi tantangan berat karena pandemi ini. “Integrity, profesional, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan harus menjadi satu acuan dan spirit moral kita dalam melaksanakan berbagai kerja atau pelaksanaan tugas fungsi kita,” pungkasnya. (monic/es)

Foto Terkait Berita