Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
SMF Raih Juara Pertama Call For Papers 2020 World Bank
Esti Retnowati
Kamis, 11 Juni 2020 pukul 20:09:26   |   563 kali

Jakarta - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero), salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) memenangi kompetisi call for papers 2020 dalam event yang diadakan oleh Bank Dunia (World Bank). Paper SMF berjudul “Affordable Housing Finance for Informal Eorkers” berhasil menjadi juara pertama.

 

Kompetisi bertajuk “9TH Global Affordable Housing Conference Call For Papers 2020” ini sendiri diikuti oleh lebih dari 100 peserta yang terdiri dari praktisi di bidang perumahan, akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat, lembaga Pemerintah, dan Developer dari berbagai negara.

 

Paper SMF “Affordable Housing Finance for Informal Workers” menelaah tantangan pembiayaan perumahan di Indonesia, khususnya untuk segmen informal. Paper ini merujuk pada kolaborasi yang telah dilakukan antara SMF sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah Kemenkeu RI dengan Grab Indonesia.

 

SMF sebagai perusahaan pembiayaan sekunder perumahan memberikan pembiayaan melalui perusahaan pembiayaan dan menyalurkannya sebagai KPR (Kredit Pemilikan Rumah) kepada mitra pengemudi Grab. Program tersebut diluncurkan oleh SMF-Grab di tahun 2019. Hingga saat ini, ratusan pengemudi Grab akhirnya dapat memperoleh rumah pertama mereka melalui kerja sama ini.

 

World Bank menetapkan SMF sebagai pemenang berdasarkan tiga kriteria yang mencakup kemitraan, inovasi dan replikasi. World Bank menyampaikan kesan yang positif tentang bagaimana SMF menginisiasi program program yang dapat menjawab kebutuhan perumahan di segmen informal yang selama ini tidak terjangkau oleh perbankan. Menurut World Bank, paper SMF juga merefleksikan jawaban dari tantangan serupa yang dihadapi oleh banyak negara berkembang dengan merekonsiliasi pengaturan kerja informal dan sistem pembiayaan menjadi lebih termitigasi. (Humas PT SMF)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini