Berita DJKN

Gelar Webinar Diseminasi Kebijakan SDM pada Masa COVID-19, Kemenkeu Siapkan Pegawainya Hadapi The New Normal

Kamis, 21 Mei 2020 pukul 10:49:53   |   81 kali

Jakarta - Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) yang saat ini masih melanda sebagian besar wilayah Indonesia tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan dan sosial kemasyarakatan, namun sangat berpengaruh pada sektor ekonomi. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Hadiyanto dalam arahannya pada webinar dengan tajuk 'Kebijakan SDM Pada Masa COVID-19 & Menyongsong The New Normal' yang digelar Rabu (20/05).


"Adaptasi pola kerja dan pengelolaan organisasi merupakan hal utama yang perlu diterapkan di lingkungan kita, mengingat kita tidak bisa memastikan kapan situasi seperti ini akan berakhir", imbuh pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Kekayaan Negara ini. 


Pada kesempatan tersebut, Hadiyanto juga berpesan kepada  seluruh pegawai Kementerian Keuangan untuk tetap mematuhi semua protokol dan peraturan pemerintah di wilayahnya, serta berperan aktif di lingkungan masing-masing untuk memerangi dan memutus persebaran COVID-19. 

 

Webinar yang menghadirkan empat narasumber dengan tema berbeda ini, bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai kebijakan yang telah dan akan dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan terkait COVID-19 serta persiapan menghadapi 'The New Normal' kepada seluruh pegawai Kementerian Keuangan.

 

Narasumber pertama, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Biro SDM) Kementerian Keuangan, Humaniati yang mengangkat tema 'Kebijakan Umum Pencegahan Penyebaran COVID di Kementerian Keuangan'. Dalam paparannya, wanita yang akrab disapa Ati ini menerangkan bahwa Kementerian Keuangan sebagai bagian dari pemerintah, berupaya secara serius menekan dan mencegah persebaran COVID-19.


"Terhitung sejak tercatatnya kasus pertama COVID-19 di Indonesia, Kementerian Keuangan secara sigap menyikapi hal tersebut dengan penerbitan beberapa kebijakan baik terkait penanganan COVID-19, penyesuaian layanan, penyusunan sistem kerja baru, dan termasuk juga pembentukan Gugus Tugas COVID-19 di lingkungan Kementerian Keuangan", terangnya.

 

Pada kesempatan berikutnya, bertindak sebagai narasumber Kepala Bagian Penghargaan, Penegakan Disiplin dan Pensiun, Biro SDM, Kementerian Keuangan, Dody Gusdiyandi yang mengangkat tema 'Prosedur/Cara Kerja Baru Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Wabah COVID-19 di Kementerian Keuangan'. Ia menyampaikan bahwa pola kerja 'Work From Home' (WFH) dan 'Flexible Working Space' (FWS) merupakan salah satu kebijakan yang ditempuh Kementerian Keuangan sebagai wujud adaptasi selama masa darurat COVID-19. Namun ia mengaskan bahwa tidak menutup kemungkinan pola kerja ini akan diteruskan meskipun status darurat COVID-19  telah dicabut.


"Kebijakan terkait pola kerja selama masa darurat COVID-19 ini pada intinya bertujuan memastikan bahwa kesehatan dan keselamatan pegawai merupakan hal yang utama dengan tetap memastikan bahwa layanan tetap berjalan", ujarnya di akhir paparan.

 

Kesempatan ketiga diisi oleh nara sumber Adi Purwoko, selaku Kepala Bagian Manajemen Informasi SDM, Biro SDM, Kementerian Keuangan, yang mengambil tema  Layanan SDM Berbasis Digital untuk Menyongsong New Normal. Secara umum materi paparan yang ia sampaikan membahas  hal terkait dengan dukungan Informasi dan Teknologi yang ditujukan untuk mendukung pelaksanaan hak dan kewajiban pegawai pada masa pandemi COVID-19 maupun dalam menyongsong 'New Normal'.

 

Sebagai nara sumber terakhir, Kepala Bagian Perencanaan dan Pengadaan SDM, Biro SDM, Kementerian Keuangan, Zuraida Retno Pamungkas. Tema yang ia angkat berjudul 'Tips Sukses dan Bahagia dalam Menyongsong 'The New Normal'. Dalam paparannya, wanita yang sehari-hari disapa Onyin ini, menyinggung pentingnya keseimbangan hidup selama menjalankan tugas dan tanggung jawab pekerjaan selama menjalankan WFH. Ia juga memberikan beberpa tips mengenai cara menjaga produktivitas kerja selama WFH, antara lain dengan disiplin dalam manajemen waktu, menyusun jadwal kegiatan, menghindari gangguan, mengambil waktu istirahat, dan menentukan batas atau limit kemampuan kerja.

 

Webinar yang disaksikan lebih dari 3000 pemirsa dari seluruh unit eselon I Kementerian Keuangan yang tersebar di seluruh Indonesia ini, berlangsung selama lebih dari tiga jam. Acara ditutup dengan menjawab pertanyaan telah dikirim peserta selama acara berlangsung (melalui slido) dan pengumuman pemenang kuis. Bagi pembaca yang berkeinginan untuk mengunduh materi dari para narasumber, berikut tautan yang telah disediakan: https://bit.ly/DiseminasiSDM

Foto Terkait Berita