Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
ALASCA, Era Baru Layanan Pasca Lelang KPKNL BEKASI
Asnul
Minggu, 03 Mei 2020 pukul 11:12:38   |   1060 kali

Bekasi - Lelang yang dilaksanakan pada hari Selasa, 14 April 2020 menjadi penanda proses implementasi Aplikasi Pasca Lelang (disingkat Alasca) di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi. Lelang atas objek berupa tanah dan bangunan yang terletak di kawasan Harapan Indah Kota Bekasi tersebut dilakukan dengan cara penawaran open bidding melalui website www.lelang.go.id dengan menggunakan sarana pendukung Aplikasi Zoom Cloud Meetings. Lelang dibuka oleh Pelelang Dimar Novensastomo pada pukul 09.15 waktu server dan terjual.

Dimar Novensastomo mengatakan bahwa pemenang lelang telah mengajukan permohonan penerbitan Kuitansi Pembayaran Harga Lelang dan penerbitan Kutipan Risalah Lelang secara online melalui Aplikasi Alasca. Permohonan tersebut telah diproses sesuai dengan Standar Operasi Prosedur yang berlaku dan selesai kurang dari 1 (satu) hari kerja sejak permohonan disampaikan.

Melalui Alasca, pemenang lelang tidak hanya dapat mengajukan permohonan secara online penerbitan Kuitansi Pembayaran Harga Lelang dan penerbitan Kutipan Risalah Lelang, melainkan juga dapat meminta penerbitan formulir e-BPHTB untuk proses pengurusan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten dan Kota Bekasi. Sebagai informasi, pengisian form BPHTB sudah dilakukan secara elektronik, sehingga untuk mempersingkat waktu layanan, pembeli lelang dapat mengajukan terlebih dahulu formulir e-BPHTB dimaksud melalui Alasca.

Kepala Seksi Pelayanan Lelang Supiyanta mengatakan bahwa implementasi Alasca berjalan sesuai harapan dan tanpa kendala apapun. Melalui sambungan pesan singkat, pemenang lelang yang tidak disebutkan namanya menyatakan bahwa sangat terbantu dengan adanya Aplikasi Alasca. Terutama pada masa PSBB Kota Bekasi yang menyebabkan layanan tatap muka KPKNL Bekasi ditutup bagi para pemangku kepentingan. Dengan adanya Alasca, proses penerbitan dokumen menjadi lebih efektif dan efisien dari segi waktu.

Kepala KPKNL bekasi Hamim Mustofa pada acara Galang Semangat Pagi Hari Kamis 30 April 2020 menyampaikan apresiasi atas implementasi Alasca dan mengharapkan agar Alasca dapat terus disempurnakan dan dioptimalkan untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan prima kepada seluruh pengguna layanan lelang KPKNL Bekasi.

 

(Tim Berita KPKNL Bekasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini