Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Polres Ketapang: Kami Sangat Terbantu dengan Kebijakan Lelang Tanpa Kehadiran Fisik Penjual di masa Pandemi Covid-19
Esti Retnowati
Selasa, 28 April 2020 pukul 16:08:57   |   745 kali

Jakarta – Polres Ketapang, salah satu pengguna jasa lelang Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak turut terbantu dengan dikeluarkannya kebijakan lelang tanpa kehadiran fisik penjual oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). “Mengingat kita sedang menerapkan physical distancing, hal ini sangat membantu kami,” ujar Brigpol Baur Log Sub Bagian Sarana dan prasarana Polres Ketapang Juli Setiawan melalui sambungan telepon pada Jumat (24/04).


Selain mematuhi imbauan pemerintah untuk physical distancing, ujar Juli, kehadiran penjual melalui video konferensi ini membantu pihaknya untuk efisiensi waktu karena terbatasnya jadwal penerbangan dari Kabupaten Ketapang ke Pontianak, sedangkan melalui transportasi darat harus ditempuh dengan 12 jam perjalanan.


Mengenai kebijakan itu, Kepala Seksi Pelayanan Kepabaenan dan Cukai 6 KPBC Pontianak Yuni Wahyu Purwoko juga menyampaikan bahwa lelang e-auction dengan menerapkan Perdirjen 03 dimana Pihak penjual tidak harus hadir secara fisik dan dapat dipantau secara online sangat membantu. “Kami dari penjual barang yang dilelang lebih dimudahkan dan lebih flexible dari sisi waktu dan tenaga. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, semua hal dilakukan secara online dan mengurangi physical distancing,” ujarnya.


Ia juga memberikan masukan terkait lelang-lelang yang terkait barang “hot item” dan diminati banyak orang agar durasi waktu bidding yang diberikan lebih panjang supaya harga yang terbentuk semakin tinggi.


Sebagai informasi, pelaksanaan lelang dengan pemohon dari KPBC Pontianak dilaksanakan pada Kamis (9/4) lalu, dengan objek lelang berupa satu unit Mobil Land Rover Defender Tahun 2013. Kendaraan tersebut terjual dengan nilai Rp617.786.000,00. Sedangkan objek lelang Polres Ketapang yakni berupa satu paket scrap/limbah padat kendaraan dinas roda dua, roda empat, dan roda enam sebanyak 12 unit pada Selasa (31/3) lalu. Objek tersebut terjual dengan harga Rp16.715.000,00. Keduanya dilaksanakan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak. (bas/es – Humas DJKN)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini