Berita DJKN

Respon Pandemi, KPKNL Tegal Berikan Layanan Tanpa Tatap Muka

Jum'at, 20 Maret 2020 pukul 09:11:07   |   555 kali

Tegal - Pandemi virus COVID-19 berdampak luar biasa bagi aktivitas umat manusia di seluruh belahan dunia. Respon di banyak negara termasuk di Indonesia adalah pembatasan interaksi dengan sesama. Lalu bagaimana dengan pelayanan publik yang harus disediakan oleh negara?

Kementerian Keuangan telah memberikan arahan kepada jajarannya di seluruh Indonesia agar tetap memberikan layanan kepada masyarakat. Namun demikian untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 sementara ini pelayanan dilakukan tanpa tatap muka. Pengguna jasa dapat mengajukan pelayanan melalui daring atau via telepon.


Ditanya tentang kesiapan menhadapi penyebaran dan pencegahan virus ini, Kepala Kntor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tegal Dwi Hariyanto menegaskan bahwa KPKNL Tegal sebagai unit di bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan tetap siap siaga memberikan pelayanan penuh kepada masyarakat, terutama di bidang lelang yang merupakan lini bisnis paling banyak berinteraksi dengan masyarakat.


"Langkah awal yang kami lakukan adalah segera menginformasikan kepada seluruh pengguna jasa KPKNL Tegal terkait kebijakan pelayanan tanpa tatap muka dimaksud," tutur Dwi Hariyanto yang dihubungi melalui telepon pada Selasa, (17/3). Lebih lanjut, ia menyampaikan semua saluran komunikasi akan digunakan untuk memberikan pelayanan, dari media sosial hingga grup Whatsapp pengguna jasa KPKNL Tegal.


Terhadap pelaksanaan pelayanan tatap muka, hingga saat ini tidak ada keluhan berarti dari masyarakat. "Pantauan dari grup WA pengguna jasa rata-rata mereka mendukung kebijakan tersebut," jelas Dwi.


Di akhir wawancara, Dwi menyampaikan langkah-langkah antisipasi penyebaran COVID-19 yang telah dilakukan KPKNL Tegal. "Kami melakukan pembersihan ruang kerja, penyediaan hand sanitizer, masker, alat pengukur suhu dan banner waspada terhadap COVID-19," pungkasnya.


Menanggapi hal ini, salah satu pengguna jasa dari BTPN Cab Tegal mendukung langkah yang dilakukan KPKNL Tegal. “Jadi kami tetap dilayani meskipun tanpa tatap muka oleh KPKNL Tegal. Kami ucapkan Siyap 86 Komandan,” selorohnya melalui pesan WA di grup pengguna jasa KPKNL Tegal. (Humas-HI KPKNL Tegal)

 

Foto Terkait Berita