Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Wamenkeu: Pembangunan Ibukota Negara Baru Diharapkan Membawa Kesejahteraan Bagi Masyarakat
Faza Fakhriyan Wildan
Selasa, 11 Februari 2020 pukul 19:30:41   |   818 kali

Kaltim - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengharapkan agar pembagunan ibukota negara yang baru dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat khususnya masyarakat yang tinggal di daerah sekitar Sepaku dan di daerah Balikpapan, Samarinda dan sekitarnya. Hal ini diungkapkannya saat meninjau calon Ibu Kota Negara baru Penajam Paser Utara Kalimantan Timur bersama Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata, Direktur Barang Milik Negara Encep Sudarwan dan Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara Rahayu Puspasari yang merupakan rangkaian kegatan Rapat Kerja Kementerian Keuangan Wilayah Kalimantan Timur dan Utara pada Senin, (10/2).


Wamenkeu juga terkesima dengan keindahan alam wilayah tersebut dan berharap dengan dibangunnya Ibu Kota Negara baru dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.


"Kita melihat keindahan alam yang luar biasa daerah perbukitan, daerah pegunungan yang sangat cantik ini adalah bagian dari keindahan Indonesia" ucapnya. Terakhir, Ia pun berharap Ibu Kota Baru dapat menjadi kebanggaan Indonesia di masa yang akan datang.

Kunjungan Wamenkeu bersama Dirjen Kekayaan Negara, Direktur BMN dan Dirut LMAN ini bertujuan untuk melihat potensi tempat calon Ibu Kota Negara baru dari sisi kekayaan alam, wisata, dan juga potensi secara ekonomi.


Pemindahan ibu kota negara diharapkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia dari berbagai sisi. Pembangunan konstruksi secara masif akan membuka investasi infrastruktur, menciptakan lapangan kerja dengan serapan yang besar, serta meningkatkan konsumsi dan output lintas sektor.


Ibu kota negara baru juga akan membuka lebar jalur-jalur perdagangan antarwilayah di Indonesia, sehingga mendukung upaya pemerataan dan peningkatan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah

ancaman resesi global.


Dalam kunjungan Wamenkeu ini, Sekretaris Daerah Penajam Paser Utara Tohar dan Camat Sepaku Abdul Risman melakukan diskusi dengan Wamenkeu.

Dalam diskusi santai, Sekda dan Camat menjelaskan bahwa masyarakat Penajam Paser Utara sangat menyambut baik wilayahnya akan dijadikan calon Ibu Kota Negara baru sehingga dapat meningkatkan perekonomian baru di daerah calon IKN ini. (BAS/Nanang-Humas DJKN)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini