Berita DJKN

Dirjen KN: Kontrak Kinerja, Komitmen Menuju Perbaikan dan Perubahan

Kamis, 30 Januari 2020 pukul 15:14:38   |   382 kali

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata menekankan fungsi kontrak kinerja sebagai alat untuk membangun komitmen menuju berbagai perbaikan dan perubahan. Hal ini ia ungkapkan dalam acara Penandatanganan Kontrak Kinerja tahun 2020 seluruh pejabat eselon dua di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), pada Kamis (30/1), di Aula Kantor Pusat DJKN, Jakarta.

 

Pemahaman ini, menurut Isa, juga disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. “Waktu saya bahas dengan Bu Menteri, beliau pun menyemangati. Jadi, sinkron dengan pikiran kita, melihat kontrak kinerja sebagai satu tool, komitmen untuk melakukan perbaikan dan perubahan,” tuturnya.


Sebagai contoh nyata dari hal tersebut, pada tahun ini DJKN akan mulai menghitung optimalisasi penggunaan Barang Milik Negara (BMN) melalui kesesuaiannya dengan Standar Barang dan Standar Kebutuhan (SBSK).

 

“Tahun ini, utilisasi bukan lagi mengumpulkan berapa nilai aset yang sudah bapak, ibu keluarkan penetapan status penggunaannya. Sekarang, yang jadi ukurannya adalah challenge Ibu Menteri. ‘Kalian mengeluarkan SBSK, buat apa kalau tidak dijadikan rujukan optimalisasi aset?’,” kata Isa mengutip pertanyaan Menteri Keuangan.

 

Selain itu, Isa turut mendorong seluruh kepala kantor wilayah agar memanfaatkan Kompetisi Inovasi Asset Manager (KOIN) sebagai sarana meningkatkan tata kelola kekayaan negara. “Saya berharap, kreativitas dan inovasi betul-betul digunakan dalam kompetisi KOIN, hal ini akan menjadi cerminan usaha kita untuk mengoptimalkan aset. Jangan dilihat sebagai sayembara terpisah, tapi sebagai bagian dari tugas dan fungsi,” ucapnya.

 

Mengakhiri arahannya, Isa berpesan agar dalam pelaksanaan kinerja, seluruh pegawai DJKN tetap menjaga good governance. “Terutama menjaga integritas. Harus berani mengatakan 'Tidak, terima kasih.' Saya tidak akan pernah bosan mengingatkan bapak, ibu sekalian untuk menyampaikan ini kepada jajaran bapak, ibu. Mari bersama-sama kita mewujudkan DJKN yang lebih sehat, lebih kuat, dan lebih berguna untuk kepentingan negara ini,” pungkasnya. (Nurul/Bhika)

 

Foto Terkait Berita