Berita DJKN

Sesditjen Kekayaan Negara: Laporan Keuangan sebagai Wujud Akuntabilitas DJKN

Selasa, 28 Januari 2020 pukul 13:03:46   |   415 kali

Jakarta- Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Sesditjen KN) Dedi Syarif Usman menyampaikan pentingnya laporan keuangan bagi keberlangsungan sebuah institusi. “Laporan keuangan merupakan bentuk pengendalian institusi, indikator kepercayaan satuan kerja, dan panduan pimpinan dalam pengambilan keputusan”, ujar Dedi. Hal ini disampaikan Sesditjen KN saat membuka Knowledge Sharing dan Asistensi Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2019 dan Persiapan Langkah-langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran Tahun 2020 pada Selasa, (28/01) di Pendopo Kantor Wilayah DJKN DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Dedi mengimbau semua peserta knowledge sharing untuk senantiasa mengingat bahwa penyusunan laporan keuangan merupakan bentuk akuntabilitas instansi. “Kita harus menyadari bahwa laporan keuangan yang kita buat merupakan bentuk akuntabilitas DJKN, guna memperoleh kepercayaan dari satuan kerja,” ujarnya. Dedi berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, masing-masing individu dapat mengubah mindset bahwa laporan keuangan bukan sekedar hasil pekerjaan, melainkan kewajiban yang harus dilakukan sebagai bentuk ibadah. 

Knowledge sharing ini diikuti oleh Kepala Subbag Keuangan dan Kepala Subbag Umum di lingkungan DJKN. Beberapa materi yang akan disampaikan pada knowledge sharing ini adalah implementasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK 183/PMK.05/2019 tentang pengeluaran rekening milik K/L, Sosialisasi PMK No. 17/PMK.09/2019 tentang Pedoman, Penerapan, dan Reviu Pengendalian Internal atas Pelaporan Keuangan (PIPK), dan persiapan langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran tahun 2020. Kegiatan ini diselenggarakan dalam dua gelombang, yaitu pada 26 Januari s.d. 05 Februari 2020.

Sebagai informasi, pada kegiatan ini diumumkan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang menjadi pemenang penghargaan pengelolaan keuangan terbaik dalam Keuangan Award 2019, yaitu KPKNL Tegal. Keuangan Award 2019 diselenggarakan sehubungan dengan adanya kegiatan Penyusunan Laporan Keuangan tahunan 2019 unaudited dan Persiapan Langkah-langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran Tahun 2020. 

Foto Terkait Berita