Berita DJKN

Kunjungi DJKN, Murid SMK Bisma Kersana Siap Jaga Aset Negara

Rabu, 22 Januari 2020 pukul 16:40:28   |   496 kali

Jakarta – Sebanyak 63 siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan Bina Islam Mandiri (Bisma) Kersana, Brebes, Jawa Tengah, mengunjungi Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) pada Rabu (22/01) untuk belajar langsung tentang pengelolaan kekayaan negara. Kegiatan ini merupakan program SMK Bisma Kersana untuk mengenalkan murid didiknya kepada dunia kerja, sekaligus menanamkan kesadaran untuk menjaga aset negara.

Acara ini dibuka oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI) Direktorat Hukum dan Humas DJKN Eny Susanti. Eny menghimbau para murid SMK Bisma Kersana untuk dapat berperan aktif menjaga aset negara. “Adik-adik juga silakan mengingatkan kepada saudara di rumah dan saudara kanan-kiri bahwa kita perlu menjaga aset yang dimiliki negara,” ujarnya. 

Pada kesempatan ini, Direktur Hukum dan Hubungan Masyarakat Tri Wahyuningsih Retno Mulyani juga memberikan pengetahuan tentang DJKN sebagai salah satu eselon I di Kementerian Keuangan. “Kementerian Keuangan bukan hanya memikirkan bagaimana untuk mencari, tapi juga bagaimana kita menjaga kas dan bagaimana kita mempertanggungjawabkan melalui adanya pembukuan. Melalui DJKN, bagaimana menjaga, mengelola, dan mencatat kekayaan negara,” tuturnya. 

Untuk menarik perhatian siswa dan siswi SMK Bisma Kersana terhadap pengelolaan aset negara, Tim Humas DJKN menampilkan video dan presentasi yang diselingi kegiatan tanya-jawab berhadiah. “Kekayaan negara itu harus dicatat, dikelola, dan dijaga. Inilah yang menjadi tugas dari DJKN,” kata Aditya Febrianto yang menjadi narasumber dari Subdirektorat Humas. Ia juga menyampaikan strategi DJKN terkait asuransi aset negara. “Seperti banjir kemarin, banyak aset negara yang terendam banjir. Dengan mengasuransikan aset-aset negara, kita bisa memperbaiki aset yang rusak tanpa harus membebani APBN,“ ucapnya.

Perwakilan SMK Bisma Kersana Supriyono mengaku bahwa kunjungan kali ini sangat berkesan bagi murid-muridnya. "Semoga kerjasama yang baik antara SMK Bisma Kersana dan DJKN dapat terus berlanjut," katanya. (Teks/Foto: Remon/Fira)

Foto Terkait Berita