Berita DJKN

Menkeu: LPEI Harus Menjadi Katalisator Pertumbuhan Ekspor Nasional

Selasa, 31 Desember 2019 pukul 10:43:52   |   411 kali

Jakarta – Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati mengharapkan agar Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) menjadi katalisator pertumbuhan ekspor nasional. “Sesuai amanat UU Nomor 2 tentang LPEI, LPEI dapat menjadi katalisator melalui pemberian dukungan penyediaan pembiayaan ekspor, penjaminan, asuransi, serta jasa konsultasi,” ujarnya dalam Pelantikan dan pengambilan sumpah Ketua Dewan Direktur merangkap Direktur Eksekutif Daniel James Rompas dan Anggota Direktur LPEI Rijani Tirtoso pada Senin (30/12) di Aula Mandalika 1 Prosperity Tower, Jakarta Selatan.


Ia mengatakan LPEI sebagai Special Mission Vehicle (SMV) dapat mengambil peran yang lebih besar dalam mendukung ekspor nasional. “Peningkatan peran tersebut tentu harus didukung  dengan manajemen perusahaan yang fit, kapasitas dan kualitas SDM handal yang mampu melihat kondisi pasar serta menjalankan proses bisnisnya dengan mitigasi risiko yang proper,” ungkap Sri Mulyani.


Perihal peranan besar tersebut, lanjutnya, LPEI tidak dapat bertugas sendiri. LPEI diharapkan dapat memupuk sinergi dan kolaborasi yang baik antara Kementerian, Pemerintah Daerah, serta SMV dan BUMN lain maupun dengan pihak swasta dan instusi negara lain.


Di akhir arahannya, ia  mengucapkan terimakasih kepada Sinthya Roesly sebagai mantan Dewan Direktur merangkap Direktur Eksekutif LPEI atas kinerja dan baktiya untuk LPEI serta memberikan semangat untuk Daniel, Rijani, dan jajaran LPEI untuk mengemban amanah yang lebih besar dan menyambut tahun 2020 yang lebih baik.


Dewan Direktur merangkap Direktur Eksekutif Daniel James Rompas dan Anggota Direktur LPEI Rijani Tirtoso dilantik oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan (KMK) RI Nomor 933 tahun 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Ketua Dewan Direktur Merangkap Direktur Eksekutif  LPEI dan KMK RI Nomor 934 tahun 2019 tentang Pengangkatan Anggota Dewan Direktur LPEI.

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini dihadiri oleh Sekretaris DJKN Dedi Syarif Usman, Direktur Hukum dan Humas DJKN Tri Wahyuningsih Retno Mulyani, Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan Meirijal Nur, serta Tenaga Pengkaji Restrukturisasi, Privatisasi dan Efektivitas KND DJKN  Arik Hariyono. (Bhika/Surur/Faza - Humas DJKN)

 

 

 

 

Foto Terkait Berita