Berita DJKN

PT SMF Siap Dukung Program Pemerintah di Sektor Perumahan

Rabu, 18 Desember 2019 pukul 17:10:52   |   109 kali

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) bersama PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Rabu (18/12) di Kantor Pusat DJKN. RUPS ini bertujuan untuk menetapkan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) PT SMF. Direktur Utama Ananta Wiyogo menjelaskan bahwa tema RKAP PT SMF tahun 2020 ini yakni Optimalisasi Peran Perseroan sebagai Special Mission Vehicle dalam Era Digitalisasi Melalui Keuanggulan Sumber Daya Manusia. Sesuai tema tersebut, pada tahun 2020 PT SMF akan fokus pada tiga hal pokok utama, salah satunya adalah peran aktif Perseroan sebagai SMV untuk mendukung program pemerintah di sektor perumahan.

“Program pemerintah di sektor perumahan seperti program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), program KPR SMF Paska Bencana, dan program KPR ASN TNI POLRI,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa untuk menghadapi tantangan bisnis tahun 2020 termasuk program pemerintah di sektor perumahan, PT SMF telah menyusun strategi dan rencana kerja yang merupakan bagian dari rencana jangka panjang perusahaan (RJPP) tahun 2018-2022. Dalam RJPP, perusahaan telah menetapkan 4 strategi yang terdiri dari strategi likuiditas, pertumbuhan, stabilitas, dan reliabilitas.

Pada strategi likuiditas, perseroan akan berupaya meningkatkan penyediaan dana khusus perumahan, perluasan akses terhadap sumber dana murah dan peningkatan peran perusahaan sebagai fiscal tools. Pada strategi pertumbuhan, perseroan akan mengembangkan model bisnis tahun 2020 baik pada bisnis utama maupun penugasan khusus dari pemerintah termasuk diversifikasi perseroan untuk mendukung di sisi pembiayaan perumahan. Pada strategi stabilitas, perusahaan akan berupaya dalam peningkatan sinergi dan aliansi strategis, pengembangan inklusi keuangan dalam pembiayaan perumahan dan pengembangan pasar pembiayaan KPR/PPR (Kredit Pemilikan Rumah/Pembiayaan Pemilikan Rumah). Pada strategi reliabilitas, perusahaan akan mengembangkan sistem informasi manajemen, SDM dan organisasi perusahaan.

“Dengan adanya strategi tersebut diharapkan kondisi status perseroan yang saat ini menjadi katalisastor dapat berkembang menjadi ultimate objective 3S SMV (sustainable, safe, dan sound of SMV), yakni SMF sebagai agent of development dan katalisator yang menyukseskan program pemerintah,” ungkapnya.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Isa Rachmatarwata berharap target-target yang telah ditetapkan PT SMF pada rapat ini dapat dicapai dengan upaya maksimal. “Tapi yang lebih penting adalah kita juga punya keinginan untuk mempercepat realisasi apa yang sudah dilakukan secara bertahap, misalnya covered bond. Serta kemungkinan-kemungkinan dalam pengembangan perusahaan dapat dilaksanakan dengan target waktu penyelesaian yang challenging,” tegasnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa dalam mengimplementasikan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) PT SMF Tahun 2020 yang dapat memberikan hasil yang baik bagi pemegang saham dan stakeholder, PT SMF hendaknya berkolaborasi dan bersinergi tidak hanya dengan sesama BUMN lain namun juga dengan unit struktural Kemenkeu di pusat dan daerah serta Kementerian/Lembaga lain yang terkait. (est/surur)


Foto Terkait Berita