Berita DJKN

Ikuti Bintalnas, Pegawai Kemenkeu Harus Jadi Agen Perekat Bangsa

Kamis, 12 Desember 2019 pukul 14:46:59   |   329 kali

Jakarta – Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya Kementerian Keuangann yang mengikuti Training of Trainer (ToT) Bimbingan Mental Nasional (Bintalnas) sangat dibutuhkan sebagai agen perekat bangsa yang harus menjadi garda terdepan dan teladan dalam menjaga toleransi antar umat beragama. Hal ini disampaikan Ketua Bintalnas Kemenkeu Suyono Saputro pada Rabu (11/12) di Aula Kantor Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Jakarta Pusat.


Suyono mengatakan bahwa bintal memiliki peranan yang penting terkait pembinaan mental semua pegawai Kementerian Keuangan untuk memiliki sikap toleransi yang tinggi dan jauh dari sikap radikalisme, menjunjung tinggi integritas serta selalu menjaga dan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, cinta damai, dan kerukunan. “Seluruh peserta training ini adalah calon-calon pengajar atau pembina di unit masing-masing sehingga di Kementerian Keuangan yang memiliki mental dan integritas yg kuat dan menjadi sarana pembangunan SDM menuju kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia,” ujarnya.


Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan Sugeng Wardoyo mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan ini. “Tujuan training bintalnas ini sangat mulia yakni untuk membina rekan-rekan kita agar dapat mengimplementasikan nilai-nilai Kementerian Keuangan di dalam keseharian untuk bekerja maupun dalam berinteraksi satu dengan yang lain,” ungkapnya.


Lebih lanjut, ia menyampaikan pesan dari Sekjen Kementerian Keuangan bahwa ASN Kementerian Keuangan juga diharapkan dapat menjadi agen perekat bangsa yg dapat mengutamakan persatuan dan kesatuan serta menghindarkan diri dari perpecahan dan tidak mudah untuk diadu domba. “Kita juga harus menjaga kesabaran dan keikhlasan dalam bekerja serta menjauhkan diri dari sifat-sifat kekerasan dan radikalisme,” jelas Sugeng.


Dalam kegiatan ini, beberapa narasumber yakni Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sumatera bagian Timur Kementerian Keuangan Dwijo Mulyono menjelaskan mengenai bintal yang telah dilaksanakan di DJBC, perwakilan dari Komisi Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia Wido Supraha menjelaskan tentang hubungan antara agama dan kehidupan, dan narasumber dari Komisi Pemberantasan Korupsi Azis Arham menjelaskan mengenai pembinaan mental dan integritas, serta narasumber Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Brigadir Jenderal Polisi Hamli menjelaskan mengenai penyebaran radikalisme dan terorisme serta upaya penanggulangannya. (tasya/rika/surur-humas DJKN)

 

Foto Terkait Berita