Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Dukung Pengarusutamaan Gender, DJKN Gandeng Parentalk.id Adakan Seminar Parenting
Faza Fakhriyan Wildan
Kamis, 21 November 2019 pukul 17:07:14   |   471 kali

Jakarta - Pengarusutamaan gender (PUG) merupakan bagian dari Millennial Development Goals yang salah satu tujuannya adalah mendorong kesetaraan gender, dan pemberdayaan perempuan. Pernyataan ini disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Dedy Syarif Usman pada saat Seminar Parenting yang mengangkat tema Strategi Mendidik Anak Generasi Digital pada Kamis, (21/11) di Aula Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

Seminar Parenting ini merupakan salah satu contoh implementasi pengarusutamaan gender di lingkungan DJKN. “Implementasi PUG ini penting kita laksanakan mengingat bahwa orangtua (seluruh jajaran DJKN-red), khususnya ibu memiliki dua peran sekaligus. Apabila seorang ibu bekerja, tentu saja dia bertanggung jawab terhadap organisasinya, kedua dia juga tidak bisa lepas dari fungsi seorang ibu atau istri. Sehingga memang harus ada kebijakan-kebijakan yang menganut PUG,” ujar Dedy. Menurut Dedy, seminar ini penting untuk mengedukasi orangtua di jajaran DJKN.

Ketua Pusat Pendidikan Islam untuk Anak Baitul Maal dan Ketua Jaringan Sekolah Islam Terpadu wilayah Banten Maya Yunus yang merupakan salah satu narasumber dalam seminar ini menjelaskan pentingnya orangtua menyadari batasan-batasan penggunaan gadget kepada anak. Orangtua dapat meminimalisir penggunaan gadget pada anak dengan cara memberikan aturan dan memperbanyak aktivitas bermanfaat bagi anak.  “Segala sesuatunya tidak boleh berlebihan, karena hal yang berlebihan itu akan merusak. Contohnya adalah penggunaan gadget pada anak,” jelas Maya. Namun, Menurut Maya teknologi tidak serta merta akan memberikan dampak negatif kepada anak. Teknologi juga dapat memberikan nilai positif sehingga perlu dikenalkan kepada anak.  

Mendukung pernyataan Maya, Co-Founder Parentalk.id Nucha Bachri menyampaikan bahwa melalui gadget, anak dapat belajar mengenal bahasa, angka, bentuk, dan warna dengan memanfaatkan situs web YouTube for kids.  Namun, perlu disadari bahwa penggunaan gadget pada anak harus memperhatikan disiplin waktu. “Anak harus tetap berkembang, kewajiban orangtua adalah memberikan pengawasan dan fasilitas yang membuat kebutuhan itu tetap tersedia,” jelasnya.  

Di samping disiplin waktu dalam penggunaan gadget, Nucha juga membagikan tips yang dapat digunakan orangtua dalam mendidik anak generasi digital. Menurut Nucha, menjaga komunikasi dengan anak generasi digital merupakan hal yang penting. Dengan menjaga komunikasi, hubungan anak dan orangtua akan semakin baik.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim Koordinasi dan Implementasi PUG DJKN merupakan bentuk sosialisasi untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gender melalui kebijakan dan program yang memperhatikan kebutuhan dan permasalahan pegawai perempuan dan laki-laki. Kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai DJKN. (Sur/tas-humas)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini