Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kunjungi DJKN, Mahasiswa PKN STAN Belajar Langsung Pengelolaan Kekayaan Negara
Faza Fakhriyan Wildan
Rabu, 30 Oktober 2019 pukul 12:35:02   |   996 kali

Jakarta Sebanyak 59 mahasiswa program studi DIII Kebendaharaan Negara dan DIII Manajemen Aset Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) mengunjungi Gedung Parapattan 10 pada Selasa (29/10) untuk mengamati langsung proses pengelolaan kekayaan negara. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Ministry Goes to PKN STAN, sebuah ajang pengenalan tugas, fungsi, serta lingkungan kerja di kementerian kepada para mahasiswa PKN STAN.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) DKI Jakarta Hady Purnomo  dalam sambutannya berpesan kepada para mahasiswa agar memanfaatkan kegiatan ini untuk menambah wawasan dan pemahaman terkait tugas dan fungsi DJKN. “Silakan manfaatkan secara optimal, disini kalian akan belajar langsung, praktik langsung, jadi gali semua informasi untuk bagaimana bisa linked and matched antara yang sudah adik-adik dapatkan secara teori di perkuliahan dengan bagaimana di lapangan,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Hukum dan Hubungan Masyarakat DJKN Tri Wahyuningsih Retno Mulyani menyampaikan harapannya agar praktek yang didapat dalam kegiatan ini bisa menjadi bahan evaluasi dari teori yang sudah didapatkan di kampus. “Saya berharap apa yang nanti dipraktikkan bisa menjadi bahan diskusi karena biasanya antara teori dengan praktik belum tentu sama,” ujar wanita yang akrab disapa Ani ini.

Selain mendapatkan materi terkait tugas dan fungsi DJKN, mahasiswa PKN STAN juga diajak untuk mengikuti simulasi lelang konvensional secara langsung. Simulasi lelang yang dipimpin oleh pejabat lelang dari KPKNL Jakarta V ini dilaksanakan menyerupai lelang yang sesungguhnya. “Ini merupakan momen langka yang belum tentu saya atau orang lain dapatkan di kemudian hari, jadi saya harus mengambil peluang ini,” ujar Daffandhika Reza, salah satu pemenang simulasi lelang.

Selain mengikuti lelang konvensional, para mahasiswa juga berkesempatan untuk melihat proses lelang online e-auction secara langsung di KPKNL Jakarta II. Selain itu, mereka juga dibekali pengetahuan mengenai Pengelolaan Kekayaan Negara, Penilaian, dan Lelang. Materi Pengelolaan Kekayaan Negara disampaikan oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara III Kanwil DJKN DKI Jakarta Royani, materi tentang Penilaian oleh Kepala Seksi Penilaian II Kanwil DJKN DKI Jakarta Santoso, serta materi Lelang oleh  Pelelang Ahli Madya KPKNL Jakarta V Dedy Christanto. (faz/roy-humas)

 


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini