Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
IP Sebagai Bentuk Langkah Nyata dan Konkrit Menuju Perbaikan Laporan Keuangan
N/a
Kamis, 27 Desember 2012 pukul 10:11:19   |   1116 kali

Mojokerjo -  Kantor Wilayah X Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Surabaya telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto melalui Memorandum of Understanding (MoU). Sebagai tindak lanjut MoU tersebut, telah dilaksanakan kegiatan penilaian atas Barang Milk Daerah (BMD) Pemkab Mojokerto oleh Kanwil X DJKN Surabaya. Berdasarkan informasi yang diperoleh, sampai saat ini laporan keuangan Pemkab Mojokerto adalah disclaimer dan sebagian besar kendala untuk mencapai Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) adalah permasalahan terkait dengan aset.

“Kegiatan Inventarisasi dan Penilaian (IP) yang telah dilakukan oleh Pemkab Mojokerto bekerja sama dengan DJKN sebagai bentuk langkah nyata dan konkrit untuk menuju perbaikan terhadap laporan keuangan Pemkab Mojokerto,” kata Kakanwil X DJKN Surabaya Lalu Hendry Yujana pada saat penyerahan laporan hasil penilaian BMD Kabupaten Mojokerto yang dibuat oleh Tim Penilai Kanwil X DJKN Surabaya kepada Bupati Mojokerto Mustofa Kemal Phasa pada 6 Desember 2012 di Mojokerto.

Penyerahan laporan secara simbolis tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat utama di Pemkab Mojokerto, Kepala Bidang Penilaian dan Kepala Bagian Umum Kanwil X DJKN Surabaya. Dengan dilaksanakannya kegiatan inventarisasi maka akan menjadikan pengelolaan BMD di Pemkab Mojokerto menjadi lebih tertib karena akan diketahui secara jelas keberadaan aset, jumlahnya, dokumen kepemilikannya, dan kondisinya. “ Pak Bupati, penilaian yang telah dilakukan akan menjadikan laporan keuangan Pemkab Mojokerto lebih akuntabel, fair, dan wajar penyajiannya. Ke depan dengan pengelolaan aset yang tertib dan baik diharapkan dapat memperkuat APBD Pemkab Mojokerto,” ujar Kakanwil.

Di tempat yang sama, Bupati Mojokerto menyampaikan terima kasih atas bantuan dan kerja sama yang baik dari Kanwil X DJKN Surabaya. Ia berharap kerjasama ini akan terus berlanjut dan bertambah baik ke depannya untuk menuju Mojokerto yang makin baik, makmur, dan sejahtera. “Penilaian yang telah dilaksanakan membuat neraca Pemkab Mojokerto meningkat signifikan, membuat Pemkab Mojokerto makin kaya,” terang Mustofa. (Agung Widodo – Kanwil X DJKN Surabaya)

    

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini