Berita DJKN

Kenalkan Aset Negara, Menkeu Bawakan Cerita “Pergi Ke Kantor Ayah”

Senin, 30 September 2019 pukul 16:43:56   |   487 kali

Jakarta - Setelah diluncurkan pertama kali pada Hari Anak Nasional 2019, buku cerita bergambar "Pergi Ke Kantor Ayah" dibawakan kembali oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati di hadapan anak-anak usia TK dan PAUD pada acara Kemenkeu Coloring Your Day di Aula Dhanapala Kementerian Keuangan, Senin (30/9). Buku yang merupakan kreasi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) ini berisikan pengenalan dan ajakan untuk menjaga aset negara.

Menkeu menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sarana yang penting untuk mengenalkan aset negara. Karena peserta kegiatan ini adalah anak-anak, menurutnya pengenalan tersebut harus dilakukan dengan cara yang kreatif, seperti pembacaan cerita atau dengan buku cerita bergambar.

Saat membacakan cerita, Menkeu yang disapa “Eyang Ani” oleh anak-anak ini memberikan contoh berbagai macam aset negara. “Mereka (para peserta-red) tahu tentang Istana Merdeka, mereka tahu Monas, hal-hal seperti itu yg ditunjukkan. Bahwa Barang Milik Negara kita peroleh dari uang dari rakyat,” terang Menkeu. Dengan demikian, lanjutnya, pentingnya aset negara dapat tersampaikan dengan baik dan akan timbul kecintaan terhadap Indonesia.

Kegiatan pembacaan cerita ini juga diselingi dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan Indonesia bersama dengan anak-anak. Menkeu berharap nilai-nilai kecintaan pada Indonesia dapat ditanamkan sejak dini. “Saya tentu berharap upaya ini bisa dilakukan semua masyarakat sehingga timbul kesadaran bahwa negara ini milik kita bersama, kita bangun bersama, kita jaga bersama,” pungkasnya.

Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian acara Festival Literasi 2019 ini juga diramaikan dengan lomba mewarnai yang diikuti oleh sekitar 200 peserta. Sejalan dengan pembacaan cerita oleh Menkeu, gambar yang dilombakan tersebut juga diadopsi dari buku "Pergi Ke Kantor Ayah". Melalui gambar ini pula, Kementerian Keuangan juga menyisipkan ajakan kepada peserta lomba untuk menjaga aset negara.

Dalam kegiatan ini, Menkeu didampingi oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata dan Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto. (Rika/Andi)

 

Foto Terkait Berita