Berita DJKN

Berkunjung ke Ternate, Inspektur Jenderal Sapa Pegawai KPKNL Ternate

Rabu, 25 September 2019 pukul 15:31:29   |   209 kali

Penguatan integritas dalam melaksanakan tugas dan fungsi di KPKNL Ternate menjadi pesan utama yang disampaikan oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Keuangan, Sumiyati, ketika melakukan kunjungan ke KPKNL Ternate. Kunjungan ini menjadi salah satu bagian dalam rangkaian kegiatan Irjen di Ternate pada hari Jum’at (20/9). Dalam kunjungannya ke KPKNL Ternate, Irjen menyapa para pegawai KPKNL Ternate dan secara khusus berdiskusi dengan para pegawai di Seksi Pelayanan Lelang, Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, dan Seksi Pelayanan Penilaian.

Pelaksanaan pelayanan lelang menjadi sorotan utama Irjen saat berada di KPKNL Ternate. Irjen mengingatkan para pegawai yang terlibat dalam pelaksanaan lelang untuk selalu menjaga integritas dan selalu bekerja sesuai aturan mengingat pelayanan lelang selalu menjadi sorotan pemeriksa, baik di internal Kementerian Keuangan maupun dari luar. Pengawasan internal yang baik dari Unit Kepatuhan Internal harus selalu diterapkan untuk memastikan bahwa prosedur lelang sudah dijalankan dengan tepat. “Tolong dijaga betul masalah nilai-nilai dan juga aturan di Kementerian Keuangan”, ujar Sumiyati.

Irjen juga menanyakan perkembangan terakhir pelaksanaan Revaluasi BMN di KPKNL Ternate terutama terkait tindak lanjut pemeriksaan yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Irjen menyampaikan bahwa dirinya selalu melakukan monitor perkembangan pelaksanaan Revaluasi BMN untuk setiap satuan kerja dan KPKNL. Dirinya berharap pelaksanaan Revaluasi BMN untuk semua NUP dapat diselesaikan sesegera mungkin dan dengan seteliti mungkin agar hasil revaluasi dapat masuk dalam neraca dan mendapatkan opini tertinggi dari BPK.

Bersama dengan para perwakilan Kementerian Keuangan di Maluku Utara, Irjen juga melakukan pengecekan secara singkat ke lokasi pembangunan gedung baru KPKNL Ternate di Kampung Pisang. Selama pengecekan, Irjen menanyakan progres pembangunan dan kendala-kendala yang dihadapi selama proses pembangunan. Irjen menekankan pentingnya pengawasan terhadap kesesuaian antara kondisi lapangan dengan rencana untuk menghindari temuan pada saat pemeriksa melakukan audit. Irjen juga menyampaikan dukungannya secara penuh terhadap proses pembangunan gedung KPKNL Ternate dan berharap pembangunan tersebut dapat diselesaikan tepat waktu.

Dalam lawatannya ke Ternate, Irjen melakukan beberapa agenda lain salah satunya adalah pengarahan kepada sejumlah pegawai Kementerian Keuangan di Maluku Utara yang dilaksanakan di halaman Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara. Inti dari pengarahan ini adalah penguatan integritas di lingkungan Kementerian Keuangan. Selain isu integritas, Irjen juga berpesan bahwa pegawai Kementerian Keuangan juga harus siap jika ditempatkan di Eselon I lain untuk memperkaya keahlian dan keilmuannya. Beliau berpesan bahwa di Kementerian Keuangan saat ini, pemindahan lintas Eselon I semakin digalakkan untuk memberikan pengalaman yang baru dan berbeda kepada pegawai Kementerian Keuangan.

Irjen selaku Ketua Umum Dewan Perwakilan Nasional Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI), juga melakukan pengesahan Dewan Pembina Nasional, Ketua Dewan Pengurus Wilayah, Direktur Eksekutif Wilayah, Wakil Direktur Eksekutif Wilayah, Sekretariat, Anggota Eksekutif Tidak Tetap, Anggota Eksekutif Tetap, Komite-Komite, dan Anggota Wilayah AAIPI di Hotel Grand Dafam. Pada kesempatan yang sama, Irjen juga menjadi pembicara dalam diskusi panel dengan tema Peran APIP dalam Mengawal Tata Kelola Keuangan dan Pembangunan Menyongsong RPJMN 2020-2021. Dalam sambutannya, Irjen mengingatkan pentingnya peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sebagai salah satu pilar dalam manajemen Pemerintahan Indonesia.  “APIP merupakan salah satu pilar dalam manajemen Pemerintahan Indonesia, jika lemah pemerintahan akan timpang. Pilar tersebut harus diperkokoh supaya pemerintah bisa menjalankan tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya untuk kemakmuran bangsa”, ujarnya.

Foto Terkait Berita