Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
DJKN Gaungkan Tusi Pengelolaan Kekayaan Negara dan lelang dalam Pekan Kerja Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental 2019
Arinda Rintan Bestari
Jum'at, 20 September 2019 pukul 19:13:54   |   339 kali

Banjarmasin - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) berpartisipasi dan menggaungkan tugas dan fungsi pengelolaan kekayaan negara dan lelang dalam acara Pekan Kerja Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental 2019 pada Kamis-Sabtu (18-20/9) di Komplek Kantor Gubernur Kalimantan Selatan. Acara yang berlangsung selama tiga hari ini dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) Syafruddin dan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Nur.

 

Dalam acara ini, DJKN yang dimotori oleh Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah berkolaborasi dengan tiga kantor Kementerian Keuangan lainnya, yaitu Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan, Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Selatan dan Tengah dan  Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kalimantan Bagian Selatan.


Dalam acara ini, terlihat antusiasme yang cukup ramai saat mengunjungi booth Kementerian Keuangan. Pengunjung antusias dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait tugas dan fungsi beberapa kantor Kementerian Keuangan, seperti bagaimana mekanisme pelaksanaan lelang elektronik (e-auction), penerbitan NPWP, sosialisasi Hai DJPB oleh Perbendaharaan dan pameran barang-barang tegahan milik Bea Cukai.


Pada acara ini sempat dilakukan praktik pelaksanaan lelang, yaitu lelang sebuah setrika. Simulasi lelang ini sendiri diikuti oleh cukup banyak peserta, seluruh peserta lelang ramai-ramai memberikan penawaran harga yang ditawarkan.

“Saya baru sekali ini ikut kegiatan lelang langsung seperti ini, seru ya ternyata. Nggak nyangka juga ternyata bisa menang,” cerita Pujiati, pemenang simulasi lelang yang diadakan Kanwil DJKN Kalselteng.


Adapun Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) merupakan suatu gerakan sosial bagi bangsa Indonesia yang bertekad mewujudkan tertanamnya nilai-nilai luhur ke-Indonesia-an sesuai tiga pilar Trisakti. Revolusi Mental adalah perubahan secara cepat dalam  cara pikir, cara kerja, cara hidup dan sikap serta perilaku bangsa Indonesia yang mengacu nilai-nilai strategis yaitu integritas, etos kerja dan gotong royong berdasarkan Pancasila yang berorientasi pada kemajuan, agar Indonesia menjadi negara yang maju, modern, makmur, sejahtera dan bermartabat Sejak resmi digulirkan dan terus berjalan dalam waktu dua tahun terakhir, GNRM terus menyebarkan gerakan sosial masuk ke semua lini lapisan.

  

Sebagai informasi, gerakan revolusi mental merupakan Instruksi Presiden Nomor 12/2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental dimana seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah diinstruksikan untuk melakukan gerakan revolusi mental secara masif. Dalam mengimplementasikan nilai-nilai Revolusi Mental, telah ditetapkan lima gerakan perubahan yakni, Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Mandiri dan Gerakan Indonesia Bersatu.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini