Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Clean Up Jakarta Day, DJKN Muda Kurangi Sampah Ibukota
Verra Eltania Kusuma
Selasa, 27 Agustus 2019 pukul 15:38:56   |   801 kali

Jakarta – DJKN Muda bekerja sama dengan Indonesia Expat dan Pemda DKI Jakarta mengadakan kegiatan “Clean Up Jakarta Day” di Lapangan Banteng pada Minggu (25/08). Kegiatan bersih-bersih sampah ini dilakukan tidak hanya di Lapangan Banteng tapi hingga ke jalanan Masjid Istiqlal, Jakarta Cathedral, dan Jalan Dr. Wahidin.

Relawan yang berpartisipasi berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pegawai DJKN, DJPK, Sekjen Kemenkeu, Kemendagri, mahasiswa PKN STAN hingga masyarakat umum. Turut hadir dalam kegiatan ini Tim Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup (Satpel LH) Kecamatan Sawah Besar dan pekerja Penanganan Prasarana Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Pasar Baru yang membantu para relawan mengumpulkan sampah.

Kegiatan Clean Up Jakarta Day dibuka oleh Kasatpel LH Kec. Sawah Besar yang mengapresiasi kegiatan semacam ini. Setelah itu, para relawan mulai menyebar dan mengumpulkan sampah-sampah selama kurang lebih 1.5 jam.

Para relawan dibekali dengan sarung tangan, pin sebagai tanda pengenal, dan dua buah karung masing-masing untuk sampah yang dapat didaur ulang dan sampah yang tidak dapat didaur ulang. Sampah-sampah yang dikumpulkan para relawan kemudian ditimbang dan diangkut oleh Tim Satpel LH Kec. Sawah Besar. Total sampah yang terkumpul sebanyak 50.7kg yang terdiri dari 14.25kg sampah yang dapat didaur ulang dan 36.45kg sampah yang tidak dapat didaur ulang. Selanjutnya, sampah yang dapat didaur ulang diserahkan ke Bank Sampah Satpel Lingkungan Hidup Kecamatan Sawah Besar sementara sampah yang tidak dapat didaur ulang akan diolah lebih lanjut dan dijadikan pupuk kompos.

Sampah yang terkumpul didominasi oleh sampah puntung rokok, gelas, sedotan, serta botol plastik. Dijumpai pula sampah yang cukup ekstrem, seperti popok bayi dan botol air minum yang berisi air seni.

Verra Eltania selaku project leader Clean Up Jakarta Day Lapangan Banteng berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sekaligus memberikan edukasi terkait pemilahan sampah apa saja yang dapat didaur ulang dan yang tidak dapat didaur ulang. ”Sekarang ini produksi sampah di Kota Jakarta mencapai 7800 ton setiap harinya. Timbunan sampah di TPST Bantar Gebang sudah mencapai 40m dan diperkirakan akan penuh di tahun 2022. Selain itu, Jakarta sendiri belum memiliki Intermediate Treatment Facilities untuk pengolahan sampah modern. Harapannya, kegiatan clean up semacam ini bisa dilaksanakan secara rutin dan mampu mengedukasi para pegawai untuk mulai memisahkan sampah agar DJKN bisa menerapkan konsep eco-office secara berkelanjutan” ujarnya. (Tim DJKN Muda)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini