Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Hadirkan Aktivis Bahasa, Ditjen KN Imbau Seluruh Pegawai Gunakan Bahasa Indonesia yang Efektif
Faza Fakhriyan Wildan
Jum'at, 23 Agustus 2019 pukul 16:29:06   |   867 kali

Jakarta- Direktorat Jenderal Kekayaan Negara mengadakan gelar wicara dengan tema, “Bahasa Indonesia Jati Diri Bangsa” di Kantor Pusat DJKN pada Jumat, (23/08). Salah satu fungsi Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah sebagai perekat dan pemersatu bangsa. Upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan fungsi tersebut adalah dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menjalankan tugas sebagai ASN.

“Mari kita mulai dari diri sendiri, mulai bertutur kata dengan efektif dan efisien, agar dapat menunjukkan bahwa bahasa Indonesia merupakan jati diri bangsa Indonesia,” imbau Direktur Jenderal Kekayaan Negara. Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Dedy Syarif Usman menjelaskan bahwa tujuan gelar wicara ini diadakan, agar seluruh pegawai dapat belajar bagaimana berbicara dan membuat Naskah Dinas dengan kalimat yang efektif tanpa menghilangkan maksud dan tujuan sebenarnya.

Gelar wicara ini menghadirkan Pendiri Lingua Bahasa Ivan Lanin sebagai narasumber. Ivan menyampaikan materi mengenai keterampilan berbahasa Indonesia kepada peserta gelar wicara. Salah satu topik pemaparannya adalah peran bahasa Indonesia.  Peran bahasa terdiri dari tiga fungsi, yaitu sebagai alat komunikasi, fungsi bahasa sebagai alat sosial, dan fungsi bahasa sebagai alat ekspresi. “Hal ini bisa diterapkan apabila bapak dan ibu bertugas ke daerah, cobalah belajar bahasa daerah tersebut, minimal maaf, terima kasih, dan tolong,” tutur Ivan.

Pada kesempatan ini, Ivan berharap agar seluruh peserta gelar wicara mulai memiliki kesadaran berbahasa Indonesia. “Bahasa itu kita gunakan, selain untuk menyampaikan pesan juga menunjukkan kualitas kita. Saat kita menggunakan bahasa yang asal-asalan, orang juga akan menilai kualitas kita asal-asalan. Apabila kita menggunakan bahasa yang baik dan benar, pesan kita tersampaikan dan dapat menunjukkan kecendekiaan,” tegasnya.

Sebagai informasi, gelar wicara ini juga ditayangkan melalui aliran langsung (live streaming) di media sosial DJKN, sehingga dapat disaksikan oleh seluruh pegawai DJKN. (Fakh/Tsy-Humas)

 

 

 

 




Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini