Berita DJKN

Inpassing Jabatan Fungsional Penilai lahirkan SDM Penilai Terbaik dan Berintegritas

Rabu, 21 Agustus 2019 pukul 11:04:43   |   3249 kali

Surabaya – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) kembali melaksanakan Uji Kompetensi Inpassing Jabatan Fungsional (Jafung) Penilai DJKN  serentak di tiga kota yakni Surabaya, Medan dan Makassar pada Selasa (20/8). Di lokasi Surabaya, sebanyak 45 orang Penilai DJKN dari wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kalimantan hadir di Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur untuk mengikuti seleksi ini.

Ahid Iwanudin Kepala Subdirektorat Kualitas Penilai Pemerintah Direktorat Penilaian mewakili Tim penguji DJKN menceritakan bahwa latar belakang diadakannya Uji Kompetensi Inpassing Jafung Penilai ini adalah perubahan situasi dan dinamika kondisi yang terjadi Indonesia yang menuntut Penilai untuk semakin profesional dalam melakukan pelayanannya sebagai ASN.

Selanjutnya Ahid menuturkan bahwa untuk dapat menduduki Jafung Penilai DJKN, peserta ujian harus lulus uji teknis, manajerial dan sosio cultural. Ia menambahkan, Kementerian Keuangan khususnya DJKN diberikan kepercayaan untuk menjadi instansi pembina penilai di lingkungan pemerintah. Oleh karena itu, pembetukan Jafung Penilai pemerintah diharapkan dapat menjadi jaminan kualitas dari Penilai Pemerintah.

“Jika telah menjadi fungsional penilai maka harus bersikap profesional dan pekerjaan yang profesional itu didalamnya pasti terkandung nilai integritas. Integritas harus menjadi pegangan dalam semua lini kehidupan, karena integritas itu penting dan tidak bisa ditawar”, tegas Ahid.

Senada dengan Ahid, Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur Etto Sunaryanto juga menekankan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas penilaian. “Tuntutan bagi penilai dari tahun ketahun semakin meningkat, Penilai harus memiliki prinsip kehati-hatian dalam melaksanakan penilaian, diniatkan segalanya untuk kebaikan, lakukan semua proses penilaian dengan profesionalitas yang tinggi”, pesannya.

Uji Kompetensi Inpassing Jafung Penilai DJKN di Surabaya direncanakan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 20 sd 21 Agustus 2019 dengan tim penguji dari Direktorat Penilaian DJKN, Sekretariat DJKN, dan Biro SDM Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan Biro Organta Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan selaku pembina jafung di lingkungan Kementerian Keuangan. Seleksi serupa telah dilaksanakan pertama kalinya di Tangerang pada pertengahan Juli 2019 lalu. (ike/fz)

 

Foto Terkait Berita