Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
DJKN Dorong PT Geo Dipa Energi Lebih Berkontribusi pada Pembangunan Energi Panas Bumi
Faza Fakhriyan Wildan
Kamis, 18 Juli 2019 pukul 12:20:06   |   615 kali

Dieng - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) sebagai wakil Kementerian Keuangan terus memastikan PT Geo Dipa Energi (Persero) untuk bisa lebih berkontribusi dalam pengembangan energi panas bumi. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata dalam sambutannya pada acara Ground Breaking PLTP Small Scale Dieng 10 MW pada Rabu (10/07), di Dieng Jawa Tengah.


Isa juga menuturkan bahwa Kementerian Keuangan memberikan perhatian lebih terhadap pembangunan energi baru terbarukan. "Ground breaking ini menjadi sangat penting bagi Kementerian Keuangan bukan hanya untuk segera memastikan mendapatkan PNBP dari PT Geo Dipa Energi, tetapi ini menunjukkan komitmen Kementerian Keuangan untuk terus menerus mendukung pembangunan energi baru terbarukan, khususnya dari geothermal," ujarnya. Tidak hanya pada proyek-proyek small scale, DJKN juga akan memastikan PT Geodipa Energi dapat memenuhi permintaan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk bisa mencapai target 7200 MW dari panas bumi pada tahun 2025.


Menurut Isa, pembangunan proyek energi panas bumi di Indonesia juga memiliki kompleksitas permasalahan yang perlu dihadapi dan dimitigasi, seperti besarnya risiko dalam eksplorasi dan kebutuhan investasi yang sangat besar. Oleh karena itu, Ia mengajak kepada seluruh jajaran, baik di pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun badan usaha untuk mendukung pengembangan energi panas bumi. "Ini membutuhkan concern dan perhatian dari berbagai pihak yang tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, tetapi harus bersinergi," jelas Isa.


Sebelumnya, Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) Riki Firmandha Ibrahim menjelaskan bahwa proyek PLTP Small Scale Dieng 10 MW ini masuk dalam program strategis nasional Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2019-2028. Ground breaking Proyek PLTP ini merupakan langkah konkret Rencana Jangka Panjang Perseroan sebagai BUMN Panas Bumi dan Special Mission Vehicle di bawah Kementerian Keuangan dalam mendukung program Pemerintah untuk penyediaan listrik tenaga panas bumi yang aman dan ramah lingkungan serta memberikan manfaat peningkatan ekonomi Indonesia.


Proyek senilai US$ 21 juta dolar akan memenuhi kebutuhan daya listrik di Jawa dan Bali. Dengan adanya pembangunan PLTP Small Scale di Dieng, PT Geo Dipa Energi (Persero) menambah pasokan produksi listriknya menjadi sebesar 130 MW. Riki juga menyampaikan bahwa PT Geo Dipa Energi (Persero) ikut bertanggung jawab dalam memenuhi target rencana umum energi nasional.

Sebagai informasi, PT Geo Dipa Energi (Persero) saat ini memiliki PLTP Dieng Unit 1 dan PLTP Patuha Unit 1 dengan kapasitas masing-masing sebesar 60 MW. Selain Dieng dan Patuha, PT Geo Dipa Energi (Persero) juga mengelola WKP Arjuno Welirang dan WKP Candi Umbul Telomoyo yang memiliki sumber daya lapangan masing-masing ekuivalen sebesar 189MW dan 112MW. (dit.KND)

 

 

 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini