Berita DJKN

DJKN Berikan Pencerahan Manajemen Penatausahaan BMN ke Kemenhan

Rabu, 17 Juli 2019 pukul 16:26:22   |   383 kali

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) memberikan pencerahan kepada 34 orang peserta Kursus Manajemen Penatausahaan Barang Milik Negara (Susjemen PBMN) Angkatan V TA 2019 yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Manajemen Kementerian Pertahanan pada pada Selasa (17/07) di Kantor Pusat DJKN, Jakarta.


Kunjungan kerja ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengelolaan dan penatausahaan BMN yang optimal di seluruh instansi, khususnya Kementerian Pertahanan sebagai salah satu dari 10 Kementerian/Lembaga dengan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Pengelolaan BMN terbesar Tahun 2017. Kemenhan berharap 34 peserta memperoleh pengetahuan mengenai penatausahaan BMN yang disampaikan langsung oleh Direktur Barang Milik Negara Encep Sudarwan dan Direktur Hukum dan Hubungan Masyarakat Tri Wahyuningsih Retno Mulyani.


Direktur Hukum dan Humas DJKN berharap dengan adanya kursus ini semoga peserta dapat memperoleh pola pandang baru untuk melakukan perbaikan tata kelola BMN yang semakin baik. “Mari bersama-sama mengelola aset dengan benar, sehingga aset negara dapat digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” ujar Tri.


Tri menegaskan bahwa fungsi BMN tidak sebatas mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintahan, namun diarahkan untuk kepentingan nasional seperti penyediaan infrastruktur dan layanan umum yang memadai dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat serta mampu meningkatkan efisiensi APBN dari sisi pene rimaan dan belanja negara.


Di tempat yang sama, Direktur Barang Milik Negara Encep Sudarwan dalam pemaparannya menyampaikan mengenai gambaran umum penatausahaan BMN dan konsepsi penatausahaan BMN Lingkup Kemenhan. Tidak lupa, Encep juga menegaskan pentingnya 3T dalam pengelolaan BMN yaitu tertib administrasi, tertib hukum, dan tertib  fisik.


Perwakilan Pusdiklat Manajemen Pertahanan Kolonel Suhardono menyampaikan ucapan terima kasihnya atas sambutan DJKN, Ia berharap agar kedepannya dapat berkolaborasi untuk penatausahaan BMN yang semakin baik.

Hadir dalam kegiatan ini, Kasubdit BMN 1 DJKN Tunggul Yunianto, Kasubdit Bantuan Hukum DJKN Rofii Edy Purnomo, peserta Susjemen PBMN 30, pendamping Susjemen PBMN, perwakilan Dit. BMN dan Dit. Hukum dan Humas. (fz,tsy-humas)

 

 

Foto Terkait Berita