Berita DJKN

RUPS PT Aldevco, Dirjen KN: Berikan Value Terbaik untuk Menghasilkan Manfaat Bagi Negara

Rabu, 26 Juni 2019 pukul 13:06:08   |   443 kali

Jakarta – PT Aldevco melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Rabu, (26/06) di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. RUPS ini dilaksanakan untuk membahas dan mengesahkan Laporan Tahunan Tahun Buku 2018.

RUPS dibuka oleh Direktur Utama PT Aldevco Heni Widiyastuti dan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Laporan Tahunan Perseroan Tahun 2018 oleh Direktur PT Aldevco A. Ridwan. Dalam pemaparannya, Ridwan menjelaskan bahwa Laporan Keuangan PT Aldevco Tahun 2018 mendapatkan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kantor Akuntan Publik Richard Risambessy. Selain itu, Ridwan juga menyampaikan bahwa pada Desember 2018 PT Aldevco mendapat anchor tenant baru yaitu PT Geo Dipa Energi. Pendapatan yang diperoleh dari PT Geo Dipa Energi sejak Desember 2018 sebesar Rp6,8 miliar dengan beban usaha Rp5 miliar.

Selanjutnya, Middyningsih selaku Komisaris PT Aldevco melaporkan evaluasi dan pendapatnya atas laporan pertanggungjawaban direksi untuk tahun buku 2018. Beberapa hal yang menjadi catatatn Middy antara lain pendapatan PT Aldevco berupa masuknya dana akuisis aset pabrik PT Asahan Aluminium Alloy (PT AAA) oleh PT Inalum sebesar Rp85,5 miliar dan dana recovery sejumlah Rp 1,9 miliar dari PT AAA. PT AAA merupakan anak perusahan PT Aldevco yang yang bergerak di bidang industri aluminium paduan. Meskipun mengalami penurunan di tahun 2018, namun Middy memprediksi bahwa kinerja perusahaan akan meningkat di tahun 2019. “Untuk tahun anggaran 2019, proyeksi pendapatan usaha khususnya pendapatan sewa ruang kantor, diperkirakan meningkat mendekati pendapatan tahun 2017,” jelasnya.

Menanggapi berbagai laporan yang telah disampaikan oleh direksi dan komisaris, Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi (PKNSI) DJKN Purnama T. Sianturi menyinggung mengenai upaya PT Aldevco dalam mengefisiensikan pengeluaran. Menjawab hal ini, Ridwan menyampaikan beberapa hal yang dilakukan perusahaan untuk menekan biaya operasional, salah satunya adalah pemindahan ruangan kantor. “Kami melakukan pemindahan ruangan kantor untuk menghemat penggunaan listrik, keuntungan yang diperoleh dari pemindahan ini dapat mendatangkan income sekitar Rp. 2,6 miliar,” ujar Ridwan.

“Saya berharap , setiap orang berupaya memberikan value yang terbaik kepada perseroan sehingga dapat menghasilkan manfaat sebesar-besarnya untuk negara,” ujar Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata. Ia juga menghimbau pihak PT Aldevco untuk melakukan konsultasi dengan para direktur di lingkungan DJKN dalam penyelesaian berbagai kendala yang dialami oleh PT Aldevco.

Selain membahas persetujuan Laporan Tahunan, RUPS ini juga mengesahkan laporan keuangan untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2018, pemberian acquit de charge bagi direksi dan dewan komisaris atas pengelolaan perseroan untuk tahun buku 2018, dan pelimpahan kewenangan kepada komisaris untuk menetapkan Kantor Akuntan Publik atas laporan keuangan tahun buku 2019 dengan persetujuan pemegang saham.

Sebagai informasi, RUPS kali ini merupakan RUPS kedua sejak PT Aldevco diserahkan kepada DJKN pada 7 Maret 2017. Hadir dalam kegiatan ini, Direktur PKNSI DJKN Purnama T. Sianturi, Tenaga Pengkaji Restrukturisasi Privatisasi dan Efektivitas KND DJKN Arik Haryono, Direktur Hukum dan Hubungan Masyarakat DJKN Tri Wahyuningsih Retno Mulyani, Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan DJKN Meirijal Nur, staff DJKN, notaris PT Aldevco, dan perwakilan pemegang saham PT Aldevco. (Tasya/Monic)

 

Foto Terkait Berita