Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Ikuti Short Course di Taiwan, DJKN Presentasikan Paper “Valuation is Part of State Asset Management”
Iwan Victor Leonardo
Rabu, 26 Juni 2019 pukul 07:22:34   |   1067 kali

Taiwan - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mewakili Indonesia mengikuti short course The 142ⁿᵈ Regular Session on Land Taxation and Valuation. Kepala Seksi Penilaian II, Kantor Wilayah DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung Iwan Victor Leonardo Sitindaon bersama Moh. Ridwan dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menjadi bagian kegiatan yang diprakarsai oleh lembaga International Center for Land Policy Studies and Training (ICLPST) pada 16 Mei - 15 Juni 2019 di Taiwan.  

Kegiatan itu, bertujuan untuk menyamakan persepsi para peserta short course yang berasal dari beberapa negara yang berbeda dan cara pandang yang berbeda terhadap teori dan praktek Land Taxation and Valuation sehingga para peserta short course mengerti isu konseptual dan praktis tentang perpajakan, pertanahan  dan penilaian. Hal ini dirasa penting bagi DJKN untuk membuka cakrawala pemahaman yang lebih luas terkait penilaian.

Short course yang diikuti oleh 53 peserta dari 39 Negara itu, terdiri dari kegiatan perkuliahan di kelas, bekerja kelompok, berbagi informasi terkait perpajakan, penilaian tanah, dan perekonomian negaranya masing-masing. Selain itu, peserta juga melakukan pemaparan country paper dan field trip ke beberapa Kantor Pajak, Kantor Pertanahan dan Kantor Pemerintah Daerah di Taiwan, baik Pusat maupun Regional.

Adapun pemateri saat itu berasal dari berbagai perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri, yaitu Prof. William F.O’Brein Jr. PhD dari Worcestern State University, USA dan Prof. Dr. Steve W.Tsui dari Chinese Culture University menyampaikan topik “Economics, Taxation Policy and Theory". Selain itu, Prof. John E Anderson, PhD dari University of Nebraska-Lincoln, USA (Penulis buku Public Finance) dan Prof. Kung-Cheng Lin, PhD dari National Taipei University menyampaikan topik “Local Public Finance”. Sedangkan topik “Land Valuation” disampaikan oleh Prof. Stephen Roach, MAI, SRA, AI-GRS (Praktisi Penilaian dari California) dan Prof Tzu-Chin Lin dari Changchi University.

Selain itu, peserta juga diajak mengunjungi beberapa instansi di Taiwan, yakni Visit Local Tax Bureau, Hsinchu County Government (Local Tax Administration); Visit Land Administration Bureau, Taichung City Government (Land Valuation); Visit National Taxation Bureau of Central Area, Ministry of Finance (National Tax Administration); Visit Fiscal Information agency, Ministry of Finance (Taxation Information); dan Visit Finance Department, New Taipei City Government (government property revitalization).

Dalam short course ini, perwakilan DJKN menyampaikan persentase country paper dengan judul “Valuation is Part of State Asset Management”. Bukan hanya ekonomi makro, penilaian dan manajemen aset yang disampaikan, Iwan juga memperkenalkan budaya, daerah wisata, dan pakaian adat Indonesia: Batik dan Ulos.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini