Berita DJKN

Orientasi DTU 2019, CASN Dituntut Berpikir Out of the Box, Inovatif dan Adaptif

Selasa, 25 Juni 2019 pukul 16:07:43   |   795 kali

Sukabumi - Sebanyak 81 Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mengikuti Diklat Teknis Umum (DTU) tahun 2019. Kepala Bidang Penyelenggaran Pusdiklat Kekayaan Negara dan Perimbangan Keuangan (KNPK) Iwan Krisnawan berharap agar para peserta DTU yang merupakan generasi milenial nantinya akan mampu menciptakan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik di masa mendatang.

“Generasi milenial harus memiliki pemikiran yang kreatif dengan metode thinking out of the box yang inovatif. Di samping itu, sebagai generasi yang nantinya akan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan institusi ini, Anda diharapkan mampu beradaptasi dengan cepat di lingkungan Kementerian Keuangan,” ujar Iwan saat pembukaan diklat pada Senin, (24/06) di Bumi Perkemahan Cikundul, Sukabumi.

Iwan juga menyoroti data dari hasil beberapa survei yang menyatakan bahwa sebagian gen millennial cenderung tidak memiliki kepedulian terhadap kondisi sosial, lebih berfokus pada pola hidup bebas, memiliki gaya hidup hedonis, menginginkan hasil secara instan, serta tidak menghargai proses. “Ini menjadi tantangan terbesar Saudara sebagai generasi milenial Indonesia, di mana selama 11 hari mendatang Anda akan dilatih untuk meresapi dan menanamkan ke dalam diri Anda nilai-nilai loyalitas, jiwa korsa, tutur kata, tingkah laku, serta ketahanan mental dan fisik yang baik  untuk membangun, meneruskan, dan menjaga nama baik Kemenkeu.”

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bagian Kepegawain DJKN Rustanto juga menekankan bahwa kegiatan ini merupakan tahapan untuk menjadi pegawai baru. “Fase ini adalah fase kritis, karena sebagai calon pegawai, maka masih dimungkinkan dieliminasi dari status tadi apabila terdapat nilai-nilai yang dilanggar,” jelas Rustanto. Selain DTU, berbagai pelatihan yang ada selama masa status CPNS juga harus diperhatikan karena diantaranya terdapat pelatihan lain yang merupakan prasyarat untuk naik ke jenjang PNS.

Diklat yang diselenggarakan pada tanggal 24 Juni – 3 Juli 2019 ini merupakan kerja sama antara Sekretariat DJKN, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kekayaan Negara dan Perimbangan Keuangan (KNPK), dan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat. Melalui diklat ini, diharapkan akan terbentuk nilai-nilai kedisiplinan, etika, kemampuan bekerja sesuai prosedur, serta ketahanan dalam menghadapi tekanan pada diri CASN dalam menghadapi dunia kerja nantinya. (Faza-Brilly/Humas)

 

 

 

Foto Terkait Berita