Berita DJKN

Safari Ramadhan, Dirjen Kekayaan Negara Ajak Tumbuhkan Perekonomian dengan Semangat Persatuan

Selasa, 21 Mei 2019 pukul 21:54:18   |   151 kali

Bengkulu – Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Isa Rachmatarwata didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Sesditjen KN) Dodi Iskandar dan Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu Ekka S. Sukadana, menggelar kunjungan kerja ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bengkulu. KPKNL Bengkulu beruntung menjadi pilihan pertama Dirjen KN guna menggelar buka bersama, tarawih bersama, dan belungguk besamo pada edisi Ramadhan tahun ini, Bengkulu, 16 s.d. 17 Mei 2019.


“Situasi global saat ini, menuntut kita tidak berada di comfort zone. Perang dagang Amerika-Tiongkok yang terus memanas, mempengaruhi perekonomian nasional, yang berpotensi memecah belah persatuan karena isu perekonomian dapat digunakan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan hoax”, ujarnya.


Dikemas penuh keakraban, orang nomor 1 di DJKN tersebut mengajak jajaran pegawai KPKNL Bengkulu guna menumbuhkan perekonomian nasional dengan semangat persatuan. Menurutnya, sebagai pegawai DJKN tidak boleh membiarkan diri terlalu lama dengan zona nyaman dikarenakan dapat terlena, tidak persiapan apa-apa, tidak melakukan apa-apa, yang mengakibatkan gagap terhadap perubahan.


Tidak lupa, Dirjen KN menyampaikan pesan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati yang selalu mengingatkan bahwa kita ini penerus perjuangan para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia. Di era kemajuan teknologi informasi yang memudahkan manusia berkomunikasi tanpa batas, seharusnya menjadi modal berharga bangsa ini untuk terus menumbuhkan perekonomian nasional melalui persatuan nasional.


“Kalau kita sendiri masih ragu terhadap persatuan dan kesatuan, maka sedikit isu saja membuat kita goyah, membuat berpikir penuh curiga dan kurang percaya. Kita harus menumbuhkan pandangan dan sikap positif terhadap persatuan dan kesatuan”, jelasnya.


Isa mengajak jajaran pegawai KPKNL Bengkulu untuk senantiasa melakukan perubahan yakni mengubah paradigma berpikir dan bertindak dari asset administrator menjadi asset manager yang efektif. “Salah satu tantangan sebagai asset manager adalah menjadikan aset itu produktif sehingga menghasilkan manfaat dalam penyelenggaraan pelayanan publik dan mendatangkan penerimaan negara,” terangnya.


Menyikapi tantangan tersebut, Dirjen KN berharap bahwa jajaran pegawai DJKN mampu memiliki jiwa enterpreuner, jiwa-jiwa yang gelisah melihat kondisi aset yang ada, terus mencari peluang untuk mengoptimalkan aset tersebut khususnya dalam kontribusi bagi APBN. “Kita di Bengkulu ada aset apa saja, aset mana yang mampu menghasilkan untuk pendapatan negara”, ujarnya.


Pria yang suka olahraga jogging ini memberikan wejangan kepada pegawai KPKNL Bengkulu guna mampu menerapkan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan, membuka diri untuk bersinergi, termasuk dalam pelayanan publik dengan menjunjung integritas, profesional dalam pengelolaan aset, khususnya menyikapi aset berlebih, karena Barang Milik Negara (BMN) adalah milik Republik Indonesia yang harus dioptimalkan guna kepentingan bangsa dan negara.  Selalu gelisah melakukan perbaikan guna menjadi pengelola kekayaan negara yang optimal dan lebih produktif.


“Gandeng pemerintahan daerah, agar kita tahu mana aset daerah dan mana aset pusat, sehingga kita mampu mendapatkan data yang valid dan up to date bahwa aset Republik Indonesia jauh lebih besar,” ujarnya.


Selain itu, dirinya mengharapkan KPKNL Bengkulu juga mampu mengasistensi pemerintahan daerah dalam utilisasi aset, pemanfaatan aset, dimana secara tidak langsung mampu mendorong tumbuhnya Pendapat Asli Daerah (PAD). “Saya harap DJKN mampu berperan dalam mendorong pertumbuhan fiskal daerah,” pungkasnya.


Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu Ekka S. Sukadana membuka kegiatan belungguk besamo Dirjen KN dan  mengapresiasi atas kunjungan kerja Dirjen KN tersebut yang baru pertama kali dilakukan sejak 1991.


Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala KPKNL Bengkulu tersebut, mengharapkan bahwa dengan kunjungan Dirjen KN ini mampu memberikan spirit lebih bagi jajaran pegawai KPKNL Bengkulu guna menjaga semangat kerja dalam mencapai target-target kinerja yang telah ditetapkan di tahun 2019 ini.


Menambahkan apa yang disampaikan Ekka, Kepala KPKNL Bengkulu Sri Yuwono Hari Sarjito mengungkapkan bahwa selama dirinya di Bengkulu, baru ada 2 Pejabat Eselon II di Kantor Pusat DJKN yang hadir di Bengkulu. “Awal tahun ini kami kehadiran Direktur Barang Milik Negara dan Direktur Lelang yang berkunjung ke Bengkulu pada acara Pekan Kekayaan Negara dan Pekan Lelang Tahun 2019. Tahun sebelumya ada Direktur Piutang Negara dan Kekayaan Negara Lainnya”, terang Hari.


Turut hadir dalam kegiatan buka dan tarawih bersama Dirjen KN adalah perwakilan pejabat dan pegawai Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, para pimpinan unit vertikal Kementerian Keuangan di Bengkulu, dan beberapa pimpinan bank di Bengkulu. (DJKN/buprast/asyekh)

 

Foto Terkait Berita