Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Bukan End Game, End State DJKN Tidak Statis
Ali Ridho
Kamis, 02 Mei 2019 pukul 17:36:48   |   1375 kali
Bogor - Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Isa Rachmatarwata membuka kegiatan Leaders Offsite Meeting DJKN Pembahasan Roadmap to Distinguished Asset Manager pada Rabu (1/5) di Bogor. Acara ini dihadiri oleh pejabat eselon II Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dan Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

Isa menekankan bahwa roadmap bukanlah merupakan static document, melainkan living document yang secara berkala akan disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi. "Sebagai Aparatur Sipil Negara yang mempunyai intelektualitas dan komitmen untuk membawa negara ke arah yg lebih baik, kita seharusnya tidak larut dalam perubahan. Kesadaran bahwa end state yang belum tentu statis seharusnya tidak menghalangi kita untuk segera menetapkan dokumen ini," ujar Isa.

Lebih lanjut Isa menyampaikan bahwa Roadmap DJKN merupakan pedoman kinerja untuk mencapai end state yaitu kekayaan negara yang dikelola secara optimal serta berkelanjutan, sehingga menjadi instrumental dalam keuangan negara dan kontributif dalam perekonomian nasional. Isa kembali mengimbau jajarannya agar Roadmap DJKN segera diselesaikan. “Dokumen penyusunan roadmap perlu dirangkai secara sistematis dan terperinci sebab akan menentukan langkah DJKN selama 10 tahun mendatang,” ucapnya.

Isa mengarahkan semua jajarannya untuk berkomitmen dan konsisten dalam mewujudkan end state yang ingin dicapai. "Jika seolah-olah hanya kita yang bisa mewujudkannya, kita akan fail. Kita sudah mengalami sendiri bahwa kita perlu literasi dari pihak lain, Roadmap DJKN yang telah disusun nantinya tidak cukup hanya diinternalisasikan ke seluruh unit teknis dan BLU DJKN, tapi juga perlu disosialisasikan juga kepada stakeholder DJKN,” ujar Isa.

Sementara itu, dalam pertemuan ini Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) sebagai badan layanan umum (BLU) DJKN juga menyampaikan roadmap  LMAN 2019 - 2029 untuk mendukung terwujudnya gagasan end state roadmap DJKN dalam hal optimalisasi pengelolaan kekayaan negara.

"Untuk dapat bersaing dengan dunia global, yang sebenarnya dibangun adalah konektivitas informasi yang terintegrasi serta kualitas produksi dan industri," ujar Direktur Utama LMAN Rahayu Puspasari.

Dalam paparan Roadmap LMAN 2019-2029 yang bertema pendayagunaan aset negara yang optimal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi indonesia 4.0, Puspa menyampaikan bahwa dalam konteks pengelolaan aset, LMAN perlu melihat tren ekonomi Indonesia ke depan. 

Sebelumnya, mengawali diskusi, Ketua Tim Penyusunan Roadmap Asset Manager, Jose Arif Lukito, memaparkan garis besar roadmap DJKN yang merupakan tindak lanjut putusan Rakernas DJKN 2018. Roadmap tersebut disusun bersama oleh tim dari Kantor Pusat DJKN dan LMAN dengan masukan dari Kantor Vertikal DJKN.

Pendalaman pembahasan Roadmap to Distinguished Asset Manager dilakukan dengan membagi peserta menjadi 2 kelompok untuk berdiskusi dalam mini lab aset negara dan mini lab investasi pemerintah.

Pada kesempatan tersebut, setiap kelompok mendefinisikan kembali end state atau hasil yang diharapkan, crosscheck dokumen penyusunan roadmap, memperkaya, menyempurnakan, dan merangkainya menjadi sebuah urutan pedoman yang relevan dan logis. (eka/ferdi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini