Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Tingkatkan Sinergi dengan BUMN, DJKN Luncurkan Program Secondment 2019
Faza Fakhriyan Wildan
Senin, 01 April 2019 pukul 17:20:37   |   1564 kali

Jakarta - Dulu, program secondment sempat dikhawatirkan ditujukan semata-mata untuk tujuan tambahan penghasilan. Banyak komplain mengenai pemilihan perwakilan yang tidak transparan dan tidak adil. “Sekarang kita melihat secondment menjadi bagian dari interaksi yang cair untuk semua unit eselon satu dan untuk semua fiscal tools di bawah Kemenkeu,” ujar Direktur Jenderal Kementerian Keuangan Isa Rachmatawarta saat “Kick-Off Program Secondment 2019 di Lingkup DJKN” pada Senin, (1/4) di Kantor Pusat DJKN.


Isa Rachmatarwata menegaskan bahwa sekarang, pemikiran mengenai penambahan pendapatan melalui secondment sudah tidak berlaku lagi. Tujuan sebenarnya pelaksanaan program ini adalah dalam rangka transfer knowledge dan enrichment program untuk pengembangan pegawai Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), pengoptimalan efektifitas pertukaran data informasi, serta peningkatan kapasitas dan kompetensi pegawai.


Ini merupakan kali pertama bagi DJKN dalam memanfaatkan jabatan-jabatan yang lebih teknikal dalam perwakilan secondment. “Supaya orang-orang di DJKN punya pengetahuan teknikal yang lebih baik mengenai kegiatan usaha dari fiscal tools yang dimiliki oleh Kemenkeu,” terang Isa. Pada akhir periode secondment, Isa berharap perwakilan secondment tersebut dapat menguasai kemampuan teknis dari institusi yang ditempatinya.


Selain itu, para secondment juga diharapkan mendapat feel dan sense bagaimana suatu BUMN bergaya korporasi melakukan peningkatan dan penyikapan terhadap suatu isu. “Hal tersebut kita bisa adaptasi di DJKN karena di DJKN sendiri sudah kita komitkan akan mengalami perubahan juga,” tambahnya. DJKN sudah mencanangkan akan membuat suatu perubahan dari suatu institusi yg administratif dan birokratif menjadi institusi yg punya enterpreneurship di dalamnya.


Di tempat yang sama, Sekretaris DJKN Dodi Iskandar menambahkan kesempatan menjadi perwakilan secondment juga terbuka bagi pegawai DJKN. “Setelah selesai, ada knowledge sharing karena kita tidak bisa menempatkan banyak orang, dan kemudian kita akan menempatkan pegawai berikutnya,” terang Dodi. Ia juga menyampaikan bahwa pertukaran pegawai dengan Inspektorat Jenderal Kemenkeu juga sudah dilakukan guna berbagi informasi mengenai kepatuhan internal di lingkup Kemenkeu.


Kick-Off Program Secondment 2019 di lingkup DJKN ini dilakukan untuk mengesahkan lima  perwakilan pegawai DJKN untuk memenuhi tugas secondment pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah pembinaan dan pengawasan Kementerian Keuangan antara lain PT Sarana Multigriya Finansial (SMF), PT Sarana Muli Infrastruktur (SMI), PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII), Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), dan PT Geo Dipa Energi. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Biro Sumber Daya Manusia Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, para direktur utama pimpinan lembaga di bawah pengawasan dan kepemimpinan Kementerian Keuangan, dan beberapa pejabat di ingkungan DJKN. (Faza/RK-Humas DJKN)

 

 




Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini