Berita DJKN

Dirjen KN: Eksistensi Lelang di Era Digital, Semakin Efektif, Efisien, dan Tepercaya

Rabu, 20 Maret 2019 pukul 11:30:56   |   581 kali

Jakarta - “DJKN meyakini lelang menjadi mekanisme jual beli yang efektif, efisien dan tepercaya karena sah sesuai hukum,”. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Isa Rachmatarwata saat memberikan sambutan di acara diskusi panel bertema Eksistensi Lelang di Era Digital di kantor pusat DJKN, Selasa (19/02).

Menurut Isa, perkembangan teknologi telah menciptakan e-auction. E-auction mempermudah akses karena adanya pemangkasan jalur bisnis lelang agar lebih efektif dan efisien. Di samping itu, e-auction lebih aman dan terpercaya. Hal senada disampaikan oleh Direktur Lelang DJKN Lukman Effendi. “Portal lelang.go.id diluncurkan tahun lalu untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan lelang, dan untuk lebih mempermudah lagi, kami membuat aplikasi di platform android Lelang Indonesia,” ujarnya. Selanjutnya, Lukman juga mempresentasikan digitalisasi bisnis proses lelang DJKN yang diwujudkan dengan transformasi dari pelayanan konvensional menjadi modern.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum Persatuan Balai Lelang (PERBALI) D. Doxa Manurung menyampaikan bahwa lelang melalui e-auction sudah mulai beradaptasi dan ikut arus revolusi industri 4.0. Menurutnya, ada tiga syarat agar lelang tetap ada dan selalu bertransformasi, yaitu inovasi, regulasi, dan product consumer oriented. Ketua Bidang Kebijakan Umum Indonesia E-Commerce Association (IdEA) Even Alex Chandra menambahkan beberapa peluang yang didapat dengan lelang di era revolusi 4.0, yaitu informasi cepat sampai kepada customer, tanpa batasan waktu, dan investasi rendah. (Bhika/Surur/Roy – Humas DJKN)

 

 

Foto Terkait Berita