Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Signifikansi PMN Terhadap Kinerja BUMN Jadi Bahasan Dalam Workshop on Reforming State-Owned Enterprises in Asia di Vietnam
Ali Ridho
Selasa, 12 Maret 2019 pukul 20:00:59   |   747 kali

Vietnam – Asian Development Bank Institute (ADBI) bekerja sama dengan Academy of Finance Vietnam melaksanakan Workshop on Reforming State-Owned Enterprises in Asia pada  (7/03) di Academy of Finance, Vietnam. Workshop ini mengundang delapan penulis paper yang telah dipilih dalam call for paper oleh ADBI, salah satunya Hendro Nugroho, pegawai Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

Dalam Papernya yang berjudul The Impact of Government Support on The Performance of Indonesia’s State-Owned Enterprises, Hendro menganalisis efek dukungan Pemerintah berupa Penyertaan Modal Negara terhadap kinerja seluruh Badan Usaha Milik Negara di Indonesia selama tahun 2010 sampai dengan tahun 2015.

Pada analisisnya Hendro menggunakan panel data dengan metode Ordinary Least Square (OLS) dan metode tambahan berupa firm fixed-effect, year fixed-effects, serta clustered standard errors. Berdasarkan hasil perhitungan, tanpa menggunakan firm fixed-effect dan heteroskedasticity and autocorrelation-consistent standard errors (HAC-clustered SE), dukungan Pemerintah mempunyai korelasi positif yang sangat signifikan terhadap kinerja keuangan BUMN yang diukur dengan Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE). Namun ketika model fixed-effect dan HAC-clustered SE diaplikasikan, hasil perhitungannya menunjukkan bahwa dukungan Pemerintah tidak mempunyai korelasi yang kuat terhadap kinerja keuangan BUMN.

Acara ini diselenggarakan sebagai upaya memberikan kontribusi dalam pembangunan kapasitas jangka panjang, dengan mengembangkan landasan analitis untuk membantu pejabat sektor publik yang menangani BUMN untuk secara efektif mencapai reformasi BUMN yang berkelanjutan. Workshop ini  fokus pada masalah-masalah seperti: peran BUMN dalam Sektor Ekonomi (mis. Infrastruktur, Energi), kerangka kerja institusional untuk mengelola BUMN di Asia Kinerja BUMN dan bagaimana BUMN membandingkan dengan perusahaan swasta di beberapa negara Asia, dan Internasionalisasi BUMN. 

Delapan penulis dalam workshop tersebut berasal dari Academy of Finance Vietnam, diantaranya:  Waseda University, RMIT University Vietnam, University of Tasmania, Durham University Business School, Ministry of Economy and Finance of The Republic of Korea.

Pada akhir pelasksanaan workshop, seluruh penulis diminta untuk melakukan revisi terhadap paper yang telah ditulis dan selanjutnya didaftarkan ke Special Issue of Emerging Markets Finance and Trade Journal. Selain itu, output dari workshop Asian Development Bank Institute (ADBI) adalah buku yang akan diterbitkan oleh ADBI dengan judul “Reforming State-owned Enterprises in Asia: Challenges and Solutions”. (Humas DJKN, Hnd)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini