Berita DJKN

Kunjungi Kantor Pusat DJKN, SMK Negeri Kebasen Gali Seluk Beluk Pengelolaan Kekayaan Negara

Rabu, 20 Februari 2019 pukul 17:13:55   |   381 kali

Jakarta – Direktur Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Tri Wahyuningsih Retno Mulyani menyambut rombongan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kebasen dalam kegiatan visit DJKN  pada Rabu (20/02).

Kegiatan visit yang dilakukan di Aula DJKN ini membahas peran DJKN dalam pengelolaan kekayaan negara. Dalam sambutannya, Ani, sapaan akrab Direktur Hukum dan Humas DJKN ini menyampaikan kepada para siswa bahwa kekayaan negara adalah amanah undang-undang sehingga harus dijaga dan dikelola dengan baik.

Hadir sebagai pemateri pada kegiatan ini Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat Acep Hadinata. ”Ini kunjungan yang tepat buat adik-adik sekalian untuk belajar tentang pengelolaan kekayaan negara,” ujar Acep. Dalam kesempatan ini, para siswa dapat belajar tentang institusi yang mengelola kekayaan negara dan peranan kekayaan negara dalam penyelenggaraan pemerintahan. Selain untuk memperluas wawasan siswa, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan berbagai tugas dan fungsi DJKN.

Selanjutnya Acep memberikan pemaparan mengenai tugas dan fungsi dari berbagai Direktorat di DJKN. Pria lulusan STAN ini juga memaparkan bahwa kekayaan negara terdiri dari kekayaan negara yang dimiliki, dikuasai, dan dipisahkan. Salah satu kekayaan negara yang dimiliki adalah  barang milik negara (BMN). Acep menjelaskan bahwa BMN adalah kekayaan negara yang dibeli atas beban APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara-red) atau barang yang didapat melalui perolehan lain yang sah.

Sebanyak 122 siswa yang hadir pada kegiatan tersebut menyambut dengan antusias berbagai rangkaian acara pada kegiatan ini. Hal ini terlihat salah satunya melalui kemeriahan kuis yang diadakan pada akhir acara. Kuis yang dipandu oleh MC ini diadakan untuk menyegarkan kembali ingatan para siswa tentang materi yang telah disampaikan Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat. Acara ini ditutup dengan sesi foto bersama dengan rombongan dan pegawai DJKN. (HAS/SHM/BA-Tim Humas)

Foto Terkait Berita