Berita DJKN

Tingkatkan Skill Pegawai, KPKNL Denpasar Adakan SJS Bidang Fotografi

Minggu, 17 Februari 2019 pukul 10:01:57   |   306 kali

Denpasar – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Denpasar mengadakan kegiatan Satu Jam Saja (SJS) dan Pelatihan 'Memotret' pada Rabu (13/2) di ruang Aula KPKNL Denpasar untuk meningkatkan skill pegawai di bidang fotografi,

Acara yang bertemakan "Kenali Kameramu, Kenali Rasa Fotomu" ini menghadirkan narasumber  SJS, Wiji Yudhiharso Kusumo Putro yang menyampaikan materi mengenai jenis dan bagian kamera macam-macam lensa, dan bagaimana menghasilkan suatu karya sarat makna.


Secara sistematis, Wiji memberikan pemahaman mengenai bagian-bagian kamera, segitiga exposure, teknik cropping yang benar, memperhatikan komposisi agar sebuah foto menjadi indah serta bercerita, dan sekilas mengenai mood photoghraphy.  “Mood Photoghraphy  merupakan proses menangkap momen dengan penuh emosi karena berhubungan dengan apa yang dirasakan,” ujarnya menjelaskan.


Wiji menekankan bahwa dalam fotografi hal yang paling utama adalah bagaimana mendapatkan rasa dan menyampaikan pesan pada sebuah karya foto. Mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) dari Universitas Udayana dan PKN STAN pun  ikut serta dalam kegiatan SJS ini.


Generasi milenial sangat antusias dan dengan sigap mengeluarkan ponsel pintar masing-masing untuk mencoba mengatur aperture (bukaan lensa), ISO, dan shutter speed yang merupakan bagian tidak terpisah dalam segitiga exposure. Selain itu, peserta berkesempatan langsung membidik gambar menggunakan kamera yang telah disiapkan oleh pemateri.


SJS kali ini sekaligus sebagai pembukaan kegiatan SJS Tahun 2019, seperti tahun-tahun sebelumnya SJS merupakan kegiatan sharing, diskusi, dan bertukar ilmu serta pengalaman antar pegawai yang sering dilakukan di lingkungan KPKNL Denpasar. Diharapkan kegiatan SJS bertema fotografi dapat menambah wawasan bagi para pegawai dan menarik minat di bidang fotografi. "Bagus tidaknya sebuah karya bukan bergantung pada kamera, melainkan rasa dan pesan yg disematkan di dalamnya," pungkas Wiji berpesan kepada peserta. (foto/teks : @heni.ulum)

Foto Terkait Berita