Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Delegasi DJKN Berbagi Pengalaman Mengikuti MGG Academy 2019 di Jerman
Melliana Andriani Susanto
Minggu, 10 Februari 2019 pukul 12:28:14   |   759 kali

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menyelenggarakan knowledge sharing mengenai managing global governance (MGG) di aula Kantor Pusat DJKN, Kamis (7/2). Sebagai Narasumber dari knowledge sharing tersebut adalah Pelaksana Subdirektorat Kekayaan Negara Dipisahkan (KND) I Radithiono Wicaksono.

Radithiono menjelaskan mengenai program managing global governance yang ia ikuti selama 3 bulan 15 hari di Geneve; Brussel; Bann; dan Berlin, Jerman. Latar belakang terbentuknya program tersebut bermula dari kegelisahan Pemerintahan Jerman – Uni Eropa yang merasakan ketergantungan transnasional menjadi lebih kompleks. “MGG (managing global governance –red) tercipta dari Pemerintah Jerman yang memiliki concern terhadap Pemerintah Uni Eropa dengan keterkaitan bidang mulai dari sosial, ekonomi, dan bidang lainnya yang semakin kompleks,” ujar Radithiono.

Managing global governance (MGG) memiliki tiga program yaitu MGG Knowledge Cooperation, MGG Academy, dan MGG Policy Dialogue. Knowledge sharing ini difokuskan kepada program MGG Academy. Radithiono mengatakan MGG Academy memiliki 4 sub-program yaitu leadership module yang memiliki tujuan untuk memperkuat individu dan kolektif dalam kepemimpinan; study trip yang memiliki tujuan untuk mendapatkan wawasan praktis proses pembuatan kebijakan internasional; international futures yang memiliki tujuan untuk memberikan pengantar komprehensif untuk diplomasi di abad ke-21 termasuk keamanan internasional, kerjasama ekonomi dan pembangunan; terakhir adalah academic module yang memiliki tujuan untuk menyediakan ruang untuk penciptaan pengetahuan dan berfungsi sebagai platform untuk dialog tentang tantangan global.

Selanjutnya, Radithio menjelaskan manfaat yang didapat saat mengikuti program MGG yaitu mendapatkan tinjauan global dan tinjauan menyeluruh mengenai MGG; meningkatkan visi pembangunan berkelanjutan, meningkatkan pemikiran kritis, pemecahan masalah, kerja kolaboratif, keterampilan kepemimpinan dan keterampilan membangun tim (bekerjasama). Selain itu, melalui kegiatan ini, diperoleh juga kesempatan untuk memperkenalkan DJKN, Kementerian Keuangan, dan Indonesia kepada dunia dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

Melalui sharing knowledge ini diharapkan agar pegawai DJKN memiliki wawasan global dan dapat ikut serta pada program MGG selanjutnya. (Bhika/Surur/Faza-Humas DJKN)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini